Notification

×

Tag Terpopuler

Tingkatkan Kesiapsiagaan, Kodim 0406/MLM Gelar Latihan Penanggulangan Bencana Alam Karhutla

Wednesday, November 18, 2020 | Wednesday, November 18, 2020 WIB Last Updated 2020-11-18T12:41:13Z
Tentara Nasional Indonesia (TNI), gelar latihan penanggulangan bencana alam Karhutla di Wilayah Kodim 0406/MLM (Foto:Galsa S)

LUBUKLINGGAU,SP- Tingkatkan kesiapsiagaan tinggi Tentara Nasional Indonesia (TNI), gelar latihan penanggulangan bencana alam Karhutla di Wilayah Kodim 0406/MLM Jln. Garuda Kel. Tanjung Indah Kec. Lubuklinggau Barat I. Kota. Lubuklinggau, Rabu (18/11/2020).

Menanggapi hal tersebut, Dandim 0406/MLM Letkol Inf Erwinsyah Taupan SH, M. Si., mengatakan, bahwa latihan tersebut adalah aktualisasi atas Undang – undang nomor 34 Tahun 2004 tentang tugas dan peran TNI diantaranya melaksanakan tugas Operasi Militer untuk Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang didalamnya melakukan bantuan penanggulangan bencana alam dan SAR bantuan kemanusiaan serta atas permintaan Pemda setempat. 

“Satuan TNI, diharapkan memiliki kesiapsiagaan yang tinggi untuk mengantisipasi setiap kemungkinan bencana alam yang timbul di daerah, sesuai dengan kemampuan dan kewenangan tugas TNI,” ucap Letkol Inf Erwinsyah Taupan SH, M. Si., saat memimpin apel pembukaan Latihan Penanggulangan Bencana Alam Karhutla Kodim 0406/MLM TA 2020.

Selain itu, latihan penanggulangan bencana alam Karhutla yang dilaksanakan itu, merupakan sarana bagi Danramil Jajaran Kodim 0406/MLM beserta para perwira stafnya selaku pembina kewilayahan, agar mampu merencanakan bantuan operasi menyelenggarakan penanggulangan bencana alam kepada Pemda secara profesional dan proporsional.

“Selanjutnya kepada penyelenggara latihan, saya tekankan agar latihan sesuai dengan dinamika di lapangan yang sesungguhnya, arahkan dan giring agar pelaku latihan melakukan koordinasi, komunikasi, sinergitas hubungan Komandan dan staf, terutama dengan pemerintah daerah dan instansi terkait,” tutupnya.

Dandim 0406/MLM Letkol Inf Erwinsyah Taupan SH, M. Si., mengatakan, tujuan dari pelaksanaan kegiatan tersebut guna melatih personilnya dalam menghadapi potensi jika terjadi bencana alam Karhutla

“Ini untuk melatih kesiapsiagaan personel kita, dalam menghadapi dan mengatasi kemungkinan adanya bencana alam Karhutla di wilayah kita,” ungkap Letkol Inf Erwinsyah Taupan SH, M. Si.

Selain itu juga menambahkan, bahwa latihan ini sangat penting, pasalnya selain untuk melatih kesiapsiagaan personelnya, Juga untuk mengasah kemampuan serta profesionalisme sehingga prajurit semakin terbiasa dan tepat serta cepat dalam menyikapi perkembangan situasi di wilayah.

“Kita inginkan prajurit jajaran Kodim 0406/MLM terbiasa dan dapat bertindak tepat, cepat dalam menyikapi setiap perkembangan situasi di wilayah,” katanya.

Lebih lanjut ia juga berharap, Kodim 0406/MLM bisa lebih meningkatkan kemampuan dalam prosedur pengambilan keputusan taktis, yang didalamnya berisikan hubungan kerja antara Komandan dan Staf agar senantiasa siap setiap saat.

“Kesiapannya itu meliputi, personel dan peralatan. Disamping itu, setiap anggota Kodim mampu merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan operasi pemberian bantuan penanggulangan bencana alam kepada Pemerintah Daerah. Saya harap tujuan dari latihan ini dapat tercapai sesuai dengan tema latihan,” tutupnya.

Untuk diketahui, latihan penanggulangan bencana yang mengusung tema “Kodim 0406/MLM melaksanakan tugas bantuan ke Pemda dan Pemkot di Kabupaten Musi Rawas, Kota. Lubuklinggau dan Kota. Lubuklinggau Tahun 2020, dalam rangka menanggulangi terjadinya kebakaran hutan dan lahan” diikuti ratusan prajurit TNI dari Kodim 0406/MLM,SAR, BPBD, Tagana, Serta Manggala Agni. (Pendim 0406/MLM). (Galsa s)

×
Berita Terbaru Update