Notification

×

Tag Terpopuler

Bermodal Kardus Minta Sumbangan, Aqui Diamankan Tim Hunter

Friday, December 11, 2020 | Friday, December 11, 2020 WIB Last Updated 2020-12-11T09:15:36Z

Aqui (27) warga Kertapati yang meminta sumbangan kepada sopir truk. Foto denny/sumselpers

PALEMBANG, SP -
Tim Hunter Alfa 1 Sat Sabhara Polrestabes Palembang mengamankan seorang pelaku, Aqui (27) warga Kertapati yang kerap meminta sumbangan kepada sopir truk.

Kasat Sabhara Polrestabes Palembang AKBP Sony Triyanto melalui Danru Hunter Alfa I, Ipda Sunarto mengatakan, pelaku ditangkap disekitaran kawasan Macan Lindungan Palembang.

Menurutnya, penangkapan pelaku berdasarkan laporan masyarakat mengenai aksi pemalakan yang dilakukannya di kawasan Macan Lindungan Palembang.

"Mendapat laporan, anggota langsung bergerak cepat mendatangi TKP. Terihat seorang pelaku meminta uang kepada supir truk sambil membawa kardus bertuliskan, tolong sumbangan kebakaran dengan suka rela," ujarnya, Jum'at (11/12/2020).

Lanjutnya, saat akan didekati laki-laki tersebut mencoba melarikan diri dan berhasil ditangkap anggota. "Setelah kami lihat isi di dalam kardusnya ditemukan uang hasil minta-minta sebesar Rp 130 ribu," jelasnya.

Sunarto menjelaskan, dilihat dari kejauhan tak adanya tanda-tanda kekerasan pada saat pelaku meminta-minta. "Tidak ditemukan senjata tajam dari pelaku," katanya.

Modusnya setelah lampu merah pelaku langsung menghampiri supir truk di TKP dan langsung menyodorkan kardus yang ia bawa.

Diketahui pada saat menjalankan aksinya pelaku seorang diri. "Selanjutnya pelaku dan barang bukti kami bawa ke Polrestabes Palembang dan diserahkan ke SPKT untuk ditindaklanjuti," jelasnya.

Tempat, sama pelaku Aqui (27) warga Kertapati mengatakan saya telah menyesalinya perbuatannya, untuk uang tersebut digunakan untuk makan anak istirnya lantaran ia tidak mempunyai pekerjaan.

Sebelumnya ia menjual kantong plastik di Pasar 16 dan pernah bekerja sebagai tukang bangunan, namun sekarang tidak lagi bekerja.

Ia menjelaskan alasannya meminta uang dengan kata-kata sumbangan kebakaran agar masyarakat lebih mengasianinya dan memberi uang.

"Saya tidak memaksa, kalau tidak dikasih ya saya pergi. Saya sudah melakukan aksi itu hampir satu Minggu ini dan satu hari biasanya saya mendapatkan uang Rp.150 ribu," tutupnya. (DE)  

×
Berita Terbaru Update