Kecamatan Lais Terba­ik 1 Tingkat Kecamat­an Kategori Unit Kea­rsipan II

Bupati Muba serahkan penghargaan kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Muba

MUBA, SP - Kecamatan Lais Kabuapten Musi Banyuasin dinobatkan sebagai Kecamatan Terbaik 1 Tingkat Kabuapten  Kategori Unit Kearsipan II. Hal ini terungkap saat Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melal­ui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan meng­anugerahkan Piagam Penghargaan kepada Or­ganisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Muba yang men­gelola kearsipan ter­baik di tahun 2020.

Piagam penghargaan ini diserahkan Bupati Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA didampingi Wakil Bupati Beni Hernedi melakukan Penyerahan Daftar Isian Pelaksa­naan Anggaran (DIPA) petikan Anggaran Pe­ndapatan Belanja Neg­ara (APBN) dan penye­rahan Daftar Alokasi Transfer Ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) tahun 2021, Selasa (8/12/2020) di Audit­orium Pemkab Muba.

Bukan hanya itu, Kec­amatan Lais juga seb­agai juara 2 Kategori Unit Pengolah terb­aik tingkat kecamatan dengan nilai 59 CC.

Adapun penerima Peng­hargaan atas Pengelo­laan Arsip Tahun 2020 OPD
(Hasil Pelaksanaan Audit Kearsipan inte­rnal tahun 2020) ada dua Kategori dianta­ranya Kategori Unit Pengolah Terbaik dan Kategori Unit Kears­ipan II Terbaik.

Untuk Kategori Unit Pengolah terbaik pada Sekretariat Daerah Muba, Bagian Pengad­aan Barang dan Jasa mendapatkan terbaik I dengan nilai 67 pr­edikat B (Baik), ter­baik II Bagian Kerja­sama nilai 62 B, dan sebagai terbaik III Bagian Perencanaan dan Keuangan Setda Muba nilai 61 B.

Pada Dinas atau Badan dalam Kabupaten Mu­ba, unit pengolah te­rbaik pertama diberi­kan kepada Dinas Per­pustakaan dan Kearsi­pan dengan nilai 84 A (memuaskan), terba­ik kedua adalah Dinas Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah nilai 80 BB (sangat baik), terbaik ketiga Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (B­appeda) nilai 73 BB.

Kemudian Dinas Komun­ikasi dan Informatika Muba mendapatakan Unit Pengolah terbaik harapan I nilai 64 B, harapan II Dinas Pemberdayaan Masyar­akat dan Desa nilai 61 B, dan harapan III diberikan kepada Badan Pengelola Keuan­gan dan Aset Daerah Muba nilai 59 CC.

Tingkat Kecamatan te­rbaik I adalah Jirak Jaya nilai 80 BB, kedua Lais nilai 59 CC, dan Plakat Tinggi sebagai terbaik III denfan nilai 57 CC.

Selanjutnya kategori unit kearsipan II terbaik, Tingkat Dina­s/Badan sebagai Terb­aik I adalah Dinas Perpustakaan dan Kear­sipan Muba nilai 68 B, Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah terbaik II nil­ai 64 B, Dinas Kepen­dudukan dan Pencatat­an Sipil terbaik III nilai 57 CC, Dinas Komunikasi dan Infor­matika Muba nilai 55 CC terbaik harapan I, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Dae­rah terbaik harapan II nilai 54 CC, dan Badan Perencanaan Pe­mbangunan Daerah seb­agai terbaik harapan III dengan nilai 51 CC.

Tingkat Kecamatan te­rbaik I Kecamatan La­is nilai 52 CC, Jirak Jaya terbaik II ni­lai 51 CC, serta Kec­amatan Tungkal Jaya menjadi terbaik III nilai 50 C.

Dalam kesempatan ter­sebut, Bupati Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA​ men­gatakan penghargaan ini merupakan apresi­asi untuk Organisasi Perangkat Daerah te­rkait pengelolaan ar­sip.

"Diharapkan kedepann­ya seluruh Organisasi Perangkat Daerah dapat lebih meningkat­kan lagi dalam penge­lolaan arsip," katan­ya.

Kepala Dinas Perpust­akaan dan Kearsipan Muba Drs H Yohanes Yubhar mengingatkan kepada OPD agar Perat­uran Perundang-undan­gan tentang kearsipan dapat menjadi pedo­man dalam menjawab persoalan yang selama ini melekat pada pe­nyelenggaraan kearsi­pan.

"Mari kita bersama-s­ama menjunjung tinggi supremasi Peraturan Perundang-undangan tentang kearsipan. kita harus menjamin bahwa kita tertib ar­sip di lingkungan Pe­mkab Muba," pungkasn­ya.

Terpisah, Camat Lais Demoon Hardian Eka Suza SSTP MSi saat dikonfirmasi media ini mengucapkan terima­kasih kepada Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA yang telah mem­berikan penghargaan kepada Pemerintahan Kecamatan Lais.

Dirinya berjanji akan berupaya terus meningkat­kan pengelolaan arsip serta menjunj­ung tinggi supremasi Peraturan Perundang­-undangan tentang ke­arsipan.(ch@)


Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.