Pemandu Wisata Tentukan Baik Buruknya Destinasi Wisata

Suasana pelantik pengurus DPC ,Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kota Pagaralam

PAGARALAM, SP -
Sebagai pemandu wisata (Guide),Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) diharapkan tidak hanya menemani atau mengantarkan wisatawan ke destinasi wisata,namun juga harus mampu memberikan informasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan destinasi wisata yang kunjungi.

Hal itu disampaikan Ketua DPD HPI Sumsel Kemas Abdul Latif saat melantik pengurus DPC HPI Kota Pagaralam di Villa Gunung Gare, Kamis (10/12/20).

"Pemandu wisata merupakan ujung tombak sebagai pemberi informasi awal kepada wisatawan yang akan berkunjung ke sesuatu lokasi atau destinasi wisata,"paparnya

Sehingga,tugasnya sebagai pemandu tidak hanya menjamu serta memliliki Id Card sebagai pemandu wisata semata namun nol pengetahuan."Bukan hanya mengantongi ID Card semata,bukan itu.

Karena baik atau buruknya destinasi wisata itu tergantung dengan informasi yang disampaikan oleh pemandu wisata itu sendiri,"ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan  (Sumsel) Aufa Syahrizal  mengatakan menjadi pramuwisata harus mampu memberikan informasi dan menyampaikan informasi wisata yang menarik kepada wisatawan yang datang khususnya Kota Pagaralam yang terkenal banyak memiliki potensi wisata.

"Apalagi Kota Pagaralam menjadi salah satu target Gubernur Sumatera Selatan untuk pengembangan pariwisata di Sumsel,"ucapnya.

Sementara Kadis Pariwisata Kota Pagaralam Brilian Aristopani menambahkan, pengurus DPC HPI priode 2020-2025 yang dilantik sebanyak 20 orang yang juga akan langsung diberikan Bimbingan tekhnis (Bimtek) tata kelola destinasi wisata serta strategi pengelolaan wistaa ditengah pandemi Covid-19.

Bimtek tersebut menurut Brilian untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan pengelolaan destinasi wisata serta untuk meningkatkan daya saing dan kemampuan SDM kelompok sadar wisata (Pokdarwis).

"Dan yang terpenting dapat meningkatkan kunjungan serta memberikan kepuasan wisatawan yang datang ke Kota Pagaralam,sehingga PAD meningkat,” pungkasnya.(Rep)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.