-->

Notification

×

Nasib Mobil Bioling di Pagaralam, Diduga Terlantar hingga Rusak, Kini hanya Terparkir di Rumah Pejabat

Tuesday, January 05, 2021 | 21:29 WIB Last Updated 2021-01-05T14:40:19Z
Mobil Bioskop Keliling. (Foto: Rep/SP)
PAGARALAM, SP - Mobil Bioskop Keliling (Bioling) di Kota Pagaralam, Sumatera Selatan (Sumsel) kini mengalami kerusakan. 

Sehingga mobil tersebut tidak bisa difungsikan.

Mobil untuk menonton bioskop tersebut, kini hanya terparkir di salah satu rumah pejabat di Pemkot Pagaralam.

Padahal sebetulnya mobil tersebut bisa  menjadi aset yang sangat penting, tidak hanya memberikan akses kepada masyarakat  untuk menonton bioskop, menyaksikan film Indonesia.

Mobil ini juga bisa menjadi media informasi visual untuk masyarakat yang jauh dari perkotaan.

Mobil bioling ini pun hadir dengan berbagai fasilitas guna menunjang pernyebaran perfilman di Indonesia. yakni berisi peralatan bioskop atau peralatan pemutar film yang sudah lengkap dan memenuhi standar untuk pemutaran outdoor.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pagaralam, Cholmin, melalui Kepala Bidang Kebudayaan Tarmizi mengatakan, betul ada mobil  tersebut (Bioling) di Pagaralam.

"Dalam keadaan mogok atau rusak, sudah lama tidak bisa di operasikan, kami sudah berupaya untuk dapat memfungsikan dan kami sangat menginginkan agar mobil tersebut dapat di manfaatkan sebagaimana mestinya,"tuturnya saat dihubungi awak media melalui WhatshApp.

Sementara itu, sekelompok anak muda yang peduli akan perkembangan Seni dan Budaya mengatakan, sangat menyayangkan terlantantarnya mobil tersebut (Bioling).

"Dimasa Pandemi seperti ini mobil Bioling itu sangat efektif untuk menyampaikan informasi ke masyarakat yang ada di dusun-dusun pelosok Pagaralam, melalui film atau media visual,"tuturnya. 

"Andai saja mobil Bioling dirawat sebagaimana mestinya tentu bermanfaat dan tidak mubazir,imbuhnya.

Lanjut dia, apalagi Kota Pagaralam merupakan satu-satunya Kabupaten/Kota yang memiliki mobil Bioling tersebut di Provinsi Sumatera Selatan. 

Nah sangat ironis jika mobil tersebut ditelantarkan bertahun-tahun, apalagi mobil tersebut ditempatkan dikediaman pribadi salah satu pejabat Pemkot Pagaralam. (Rep)
 














Popular Posts

×
Berita Terbaru Update