Notification

×

Tag Terpopuler

Walikota Palembang Tetap Siap Divaksin Covid-19 Lebih Dulu

Monday, January 04, 2021 | Monday, January 04, 2021 WIB Last Updated 2021-01-04T09:58:59Z
(Foto: Ara/SP)

PALEMBANG, SP - Wali Kota Palembang, Harnojoyo tetap pada pendiriannya, orang nomor satu di Kota Pempek itu tetap siap di vaksin COVID-19 lebih dulu, guna meyakinkan masyarakat kalau vaksin dimaksud aman digunakan.

Hal tersebut diungkapkan politisi Partai Demokrat itu usai melakukan audiensi dengan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru, di Kantor Gubernur Sumsel, Senin (4/1/2021).

Harnojoyo mengaku senang dengan telah tibanya vaksin dan setelah pelebelan oleh instansi terkait akan segera diambil oleh tim Kota Palembang.

"Alhamdulillah jika vaksin sudah ada dan secepatnya akan digunakan oleh tenaga medis, untuk selebihnya kita lihat petunjuk teknisnya seperti apa," katanya.

Menurutnya, masyarakat Kota Palembang tidak perlu khawatir untuk di vaksinasi. Sebab, pusat telah memastikan vaksin sudah melalui pengujian. Ia mengaku siap jadi orang pertama yang di vaksin.

"Saya siap di vaksin lebih dulu, masyarakat tidak perlu khawatir," katanya.

Sementara itu, vaksin sudah sampai ke Dinkes Sumsel dan setelah pelebelan baru bisa diambil oleh Dinkes Kota Palembang. Hal tersebut diungkapkan Plt Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan Kota Palembang, Dr Mirza Susanty SpKKLP.

Ia mengatakan, Senin 4 Januari 2021 vaksin Covid-19 sudah sampai di gudang farmasi Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). "Info terakhir dari pusat, vaksin belum bisa didistribusikan, menunggu pelabelan dari Bio Farma, jadi masih kita simpan dulu," katanya.

Ia mengatakan, Kota Palembang akan menerima 19.080 vial. Proses vaksinasi direncanakan akan dilakukan pada 14 Januari mendatang diantaranya untuk 14.604 tenaga medis.

Adapun rencana penyuntikan, sasaran penyuntikan adalah tenaga kesehatan yang sudah mendapatkan SMS blast dari Peduli Lindungi. Selain itu lokasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 saat ini yang sudah diberi hak akses layanan ada 41 puskesmas dan 19 RS (data ini akan terus bertambah).

"Untuk sisa vaksin dari total 19.080 kami masih menunggu data sasaran melalui aplikasi peduli lindung, pak Walikota kami belum dapatkan konfirmasi," katanya.

Seperti diketahui, sebanyak 30 ribu dosis vaksin Covid-19 buatan Sinovac telah tiba di gudang penyimpanan vaksin Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumsel jalan Mayor Salim Batubara Sekip Pangkal Palembang, Senin (4/1/2021) pagi. Dimana Kota Palembang mendapatkan kuota vaksin yang lebih banyak jika dibandingkan daerah lain. (Ara)


×
Berita Terbaru Update