DPD IAPI Sumsel Gelar Bimtek dan Ujian Sertifikasi Batch VI

PALEMBANG, SP - Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia (IAPI) Sumsel, kembali menggelar Bimbingan Teknis dan ujian sertifikasi pengadaan barang dan jasa pemerintah Batch VI yang dilaksanakan di Hotel Amaris Palembang, Rabu (2/6/2021).

Ujian sertifikasi yang diselenggarakan oleh DPD IAPI Sumsel ini diiukti sebanyak 50 orang peserta terdiri dari ASN Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir (OKI).

Kegiatan yang bekerjasama dengan LKPP itu dibuka oleh Direktur Eksekutif DPP IAPI, Ir. Reflus Zulkarnain. MSi.

Direktur Eksekutif DPP lAPl Pusat Ir. Reflus M.Si, sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh DPD lAPl Sumsel yang telah melakukan Bimtek dan ujian sertifikasi Batch VI bagi insan pengadaan barang dan jasa di Daerah, khusus nya di wilayah Sumatera Selatan.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan DPD IAPI Sumsel, karena kembali melakukan pembinaan dan ujian sertifikasi bagi insan pengadaan barang dan jasa di Sumsel, kami sangat bmensuport kegiatan ini, untuk ujian sertifikasi ini, DPP IAPI berharap tingkat kelulusan mencapai angka 80 persen," ujarnya.

Sementara Ketua DPD IAPI Sumsel Ir. HMS. Tazili Nawawi. MM menambahkan, tujuan Bimtek dan ujian sertifikasi yakni pihaknya mendekatkan insan pengadaan dengan Perpres No 12 tahun 2021 dan surat edaran bersama Menteri Dalam Negeri dan LKPP No 1 tahun 2021.

"Sambil menyiapkan materi ujian sertifikasi kita mendekatkan mereka dengan Perpres dan surat edaran bersama tersebut," kata Tazili.

Tazili menjelaskan, kegiatan ini bermaksud untuk memenuhi persyaratan bagi SDM pengelolah pengadaan barang dan jasa, Pejabat pengadaan wajib lulus sertifikasi tingkat dasar berdasarkan Kepres RI No 16 tahun 2018 yang saat ini berlaku," jelasnya.

Ditambahkannya, pada tahun 2021 ini, DPD IAPI Sumsel baru melaksanan kegiatan Bintek dan ujian sertifikasi angkatan ke VI ataubBatch VI, pihaknya menargetkan hingga akhir tahun kegiatan Bimtek mencapai 12 angkatan.

"Karena untuk saat ini di Sumsel baru kurang lebih 50 persen yang bersertifikasi, seharusnya insan pengadaan 

di Sumsel ini insan pengadaan harus 80 persen yang bersertifikasi, karena untuk saat ini di Sumsel baru kurang lebih 50 persen yang bersertifikasi.

Sementara Ketua pelaksana Bimtek dan Ujian Sertifikasi, Herdiansyah menambahkan pihaknya tetap konsisten melaksanakan kegiatan setiap bulannya.

"Ini merupakan kegiatan rutin DPD IAPI Sumsel, kita tetap konsisten sesuai dengan arahan DPP IAPI dengan melaksanakan kegiatan setiap bulannya, seperti saat ini sudah angkatan ke VI dan rencanannya diangkatan ke VII nanti, kita akan melaksanakan kegiatan di Kabupaten Blitung disana ada dua kegiatan Bimtek dan ujian sertifikasi serta peningkatan SDM," jelasnya.

Untuk angkatan ke VI nanti, untuk pesertanya kita menerima peserta umum dengan kata lain semua instansi se Sumsel bisa ikut ujian sertifikasi.

"Kami berharap semua insan pengadaan dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sesuai dengan surat edaran bersama menteri dalam negeri dan LKPP tentang percepatan realisasi pengadaan, dengan demikian kita menghimbau kepada semua instansi agar lebih cepat belanja barang dan jasa," ujar Wakil Ketua DPD IAPI Sumsel ini. (Ariel)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.