Misi Hari Keluarga, Optimalkan Fungsi Keluarga

PALEMBANG, SP - Hari Keluarga Nasional membawa satu misi utama yakni membangun kesadaran setiap warga negara akan pentingnya pengetahuan  tentang keluarga, pengetahuan tersebut menjadi landasan untuk membangun fondasi keluarga yang harmonis .Ketahanan keluarga merupakan tonggak utama dalam terciptanya utama dalam terciptanya ketahanan nasional.Keluarga bagi anak-anak adalah tempat mereka melakukan banyak hal. Ada banyak fungsi keluarga yang memengaruhi tumbuh kembang si kecil. Sebelum menghadapi dunia luar, anak-anak belajar mulai dari lingkungan keluarga. Anak-anak menyerap segala informasi yang mereka dapat dari dalam rumah. 

Hal tersebut menjadikan fungsi keluarga sangat krusial bagi si kecil. Peran serta orangtua dan semua anggota keluarga menjadi sangat pentinAgar tumbuh kembang si kecil maksimal, ada baiknya Anda tahu apa saja fungsi keluarga. Berikut 8 fungsi keluarga menurut Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), agar keluarga dan buah hati tumbuh dengan baik:

• Fungsi keluarga sebagai fungsi agama
Fungsi keluarga yang pertama adalah mengajarkan agama. Keluarga merupakan media pertama buah hati dalam belajar apapun. 
Keluarga berperan untuk membimbing anak dalam menjalankan agama. Seluruh anggota keluarga berperan penting dalam penanaman nilai-nilai agama yang positif.

• Fungsi keluarga sebagai fungsi sosial budaya
Keluarga berperan dalam mengajarkan segala norma dan aturan kepada buah hati untuk mengenalkan bagaimana kehidupan bermasyarakat. 
Seluruh anggota keluarga berperan dalam kontrol sosial buah hati. Budaya yang positif juga diajarkan di dalam keluarga. Budaya meminta tolong dan berterima kasih diajarkan sedini mungkin kepada buah hati, begitupun dengan budaya lainnya.

• Fungsi keluarga sebagai fungsi cinta kasih karena berperan penting dalam hubungan sebuah keluarga, dan tidak boleh hilang. Agar suasana rumah penuh cinta dan kasih sayang.

•Fungsi keluarga sebagai fungsi perlindungan
rumah dan keluarga merupakan tempat pertama yang paling aman. Baik untuk orang tua maupun anak-anak.
Maka dari itu fungsi keluarga sebagai perlindungan harus diterapkan. Menciptakan suasana yang harmonis menjadi kunci keluarga yang aman. 

• Fungsi keluarga sebagai fungsi reproduksi 
Fungsi keluarga yang selanjutnya adalah fungsi reproduksi. Di poin ini, keluarga menjadi lebih harmonis jika hubungan seksual juga terjaga.
suami istri yang memiliki hubungan yang baik akan menciptakan generasi yang berkualitas. Dengan begitu anak-anak bisa tumbuh dengan baik dan siap menjadi penerus bangsa.

• Fungsi keluarga sebagai fungsi sosialisasi pendidikan. Keluarga menjadi media penting saat buah hati belajar bersosialisasi. 
Buah hati belajar bagaimana berinteraksi dengan tetangga dan orang lain. Anak juga belajar bagaimana berinteraksi dengan baik melalui perilaku orang dewasa.

• Fungsi keluarga sebagai fungsi ekonomi
Dalam fungsi ekonomi ditekankan pada bagaimana mengelola keuangan keluarga. Bagaimana kebanyakan suami bekerja dan istri yang mengelola keuangan keluarga.
Pembagian peran tersebut dibutuhkan agar menciptakan kesejahteraan keluarga. Kemudian buah hati akan belajar bagaimana cara mengelola uang mereka. 
Orangtua berperan untuk memberikan ilmu tentang mengelola uang. Semisal melalui uang jajan. Bagaimana uang jajan tersebut harus digunakan dan disimpan dengan baik. 

• Fungsi keluarga sebagai fungsi lingkungan
Kebersihan lingkungan terwujud dari hal-hal yang sederhana. Hal sederhana tersebut diawali dari rumah.
Buah hati belajar tentang kebersihan dan kesehatan pertama kali dari rumah. 

"Anggota keluarga diharapkan bisa menerapkan prilaku menjaga kebersihan. Seperti, membuang sampah di tempatnya hingga mencuci tangan harus dijadikan kebiasaan saat di rumah", ujar Edwin Effendi Kepala Dinas PPKB Kota Palembang, belum lama ini.(adv/my)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.