TPU Gandus Khusus Covid-19 Ditambah 1 Hektar


PALEMBANG, SP -
Pemerintah Kota Palembang menambah 1 hektar lahan Tempat Pemakaman Umum (TPU) khusus pasien Covid-19 di Gandus. Hal ini seiring dengan meningkatnya jumlah angka kasus kematian perharinya. 

Kepala Dinas PRKP Kota Palembang, Affan Prapanca Mahali mengatakan, saat ini lahan yang digunakan seluas 2 hektar dan hampir penuh. Lahan 1 hektar tetap di TPU Gandus sudah siap karena sebelumnya sudah dipersiapkan khusus Covid-19 dengan total lahan 5 hektar.

"Sejak Mei 2020 kemarin penuh, saat ini keterisian lahan tersebut sudah 70 persen terhitung sejak pandemi Covid-19," katanya, Selasa (27/7/2021). 

Affan mengatakan, saat ini pasien Covid-19 yang dimakamkan sesuai dengan permintaan pemakaman dari rumah sakit yang ada di wilayah Kota Palembang atau warga Kota Palembang yang meninggal di luar kota.

"Ada juga yang dari luar minta dimakamkan di Palembang, saat dirawat mungkin dari RS di luar Palembang namun untuk pemakaman permintaannya di Palembang. Kita tetap akan terima," katanya. 

Dalam sehari, kini petugas melakukan penggalian lubang makam untuk pasien Covid-19 sebanyak 1-6 lubang. Dilaukan oleh petugas penggali ada empat orang dan dua cadangan standby di lokasi. 

"Jumlahnya yang dimakamkan fluktuatif. Untuk upah telah dibayarkan sesuai dengan jumlah lubang yang digali," katanya. 

Sementara itu, Walikota Palembang, H Harnojoyo mengatakan dirinya telah menginstruksikan dinas terkait untuk land clearing. Ia juga menegaskan siapapun boleh jika ingin dimakamkan di TPU Gandus. 

"Karena masih banyak semak belukar jadi harus di bersihkan baru bisa diratakan untuk lahan pemakaman," katanya. (Ara)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.