Workshop BPKP dan Pemkab OKU Timur Evaluasi Kucuran Dana Desa (DD)

OKU TIMUR, SP - Dalam rangka Pelaksanaan Pengawasan Penyaluran dan Penggunaan Dana Desa Tahun Anggaran 2021, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan dan Pemerintah OKU Timur menyelenggarakan Workshop Evaluasi Penyaluran dan Penggunaan Dana Desa Untuk Penanganan Covid-19 dan PPKM Mikro Desa di Kabupaten OKU Timur Jum'at pagi (09/07/2021) Berlangsung di aula Bina Praja 1 Pemkab OKU Timur.

Acara yang di hadiri Anggota DPR RI (Komisi XI) Bertu Merlas  Unsur Forkopimda,  para Kades dan para Camat di 20 kecamatan OKU Timur dibuka oleh Bupati OKU Timur H.Lanosin ST.  diwakili Sekretaris Daerah (Sekda ) OKU Timur Jumadi S,Sos.

Sekda OKU Timur Jumadi menjelaskan Kegunaan Dana Desa selama ini tidak hanya digunakan untuk pelaksanaan kegiatan Padat Karya tunai.

 ''Bantuan langsung tunai tidak hanya di berikan pada  penguatan ekonomi dan jaring pengaman sosial, tetapi juga merupakan salah satu instrumen yang digunakan pemerintah dalam penanganan dampak penting masa Pandemi Covid-19.

Untuk itu lanjut sekda, diperlukan pengawasan,  evaluasi agar pengelolaan Dana Desa dapat secara tepat, efektif,  efisien dan akuntabel, selalu membangun koordinasi, konsolidasi yang baik antara pemaku kepentingan.

''Upaya keterpaduan pelaksanaan program pembangunan yang telah dirancang, dapat Sesuai dengan amanat Undang-undang dasar,  sesuai  yang diharapkan guna menuju Kabupaten OKU Timur,   Maju lebih Mulia. '' Tutup nya 

Acara selanjutnya dengan diskusi  selaku moderator Kepala Dinas Bappeda dan litbang OKU Timur, Marius Markus dengan materi 4 narasumber, yakni Bertu Merlas (Anggota Komite XI DPR RI) yang menyampaikan materi terkait "Peran DPR RI terhadap Pembangunan Desa Khususnya dalam Masa Pandemi Covid-19 dan PPKM Mikro di Desa.

Bertu merlas mengapresiasi kepada Pemerintah Kabupaten OKU Timur karena telah menggunakan Dana Desa secara tepat dan baik bermanfaat langsung kepada masyarakat Terbukti hasil Pembangunan melalui Dana Desa di OKU Timur sesuai dan begitu luar biasa. 

Pembicara Selanjutnya yaitu Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri dengan materi terkait yang mengangkat tema Pengelolaan Keuangan Desa dalam Masa Pandemi Covid-19 dan PPKM Mikro. 

Pembicara selanjutnya Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Selatan materi terkait.

Kepala Kantor Wilayah Ditjen pembendaharaan Provinsi membawakan materi "Mekanisme Penyaluran dan Pertanggungjawaban Dana Desa", dan Pimpinan BPKP membahas materi tentang "Pengawalan Akuntabilitas Penyaluran dan Penggunaan Dana Desa serta PPKM Mikro Desa".(SR)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.