Salah Satu Pemukiman Warga Teluk Kijing II Nyaris Tergerus Longsor, Pemcam Lais Berikan Bantuan

MUBA, SP - Hujan deras yang mengguyur Desa Teluk Kijing II, Rabu malam (4/8/2021) membuat tebing tepian sungai Musi mengalami longsor, akibatnya salah satu rumah warga Dusun III Desa Teluk Kijing III Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) nyaris ikut tergerus. 

“Saat itu hujan deras, Tiba-tiba ada suara seperti gerusan tanah dan saya langsung melihat, ternyata tebing sungai dibelakang rumah saya longsor,” Jelas Hidayat (53).

Dirinya mengaku, saat itu istrinya bertanya suara tersebut berasal dari mana, namun karena istrinya mudah terkejut Hidayat tidak memberi tahu yang terjadi.

“Saat istriku tanya suara apa itu, aku tidak memberitahu karena istriku mudah terkejut,” Akunya.

Beruntung usai terjadinya longsor, tiang belakang rumahnya tidak mengalami longsor, namun kondisinya sudah membahayakan jika ada longsor susulan.

Lebih jauh, Hidayat mengaku siap jika ada relokasi pemukiman yang lebih aman dari pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin.

“Kalau ada relokasi, kami siap. Karena hingga saat ini setiap malam kami tidak tenang atau was-was apalagi saat turun hujan,” Imbuh Hidayat.

Mendengar kejadian tersebut, Camat Lais Demon Hardian Eka Suza SSTP MSi yang diwakili Sekretaris Kecamatan Lais Marsofi SKM MM didampingi Pj Kepala Desa Teluk Kijing II Nazaruddin SSos, Kasi Trantib Kecamatan Lais Risdianto turun langsung kelokasi.

“Hanya tebing sungai yang mengalami longsor, dan nyaris dapur rumah warga bernama Hidayat ikut tergerus,” Jelasnya.

Selain itu, Marsofi juga menghimbau agar warga yang berada di bantaran sungai Musi untuk tetap waspada akan bahaya yang mengancam, salah satunya adalah bahaya longsor. 

"Karena sebagian rumah penduduk ada dipingiran sungai Musi, maka kita meminta agar warga tetap waspada," Imbuhnya. 

Atas kondisi itu, pihak kecamatan Lais memberikan bantuan berupa sembako kepada keluarga Hidayat. (ch@)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.