Sekda Buka Pemilihan Kepengurusan Forum Anak

 


LUBUKLINGGAU.SP. Sekda Kota Lubuklinggau, HA Rahman Sani didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3APM) Kota Lubuklinggau, Heri Zulianta membuka acara Pemilihan Forum Anak Tingkat Kota Lubuklinggau masa bhakti 2021-2023 di Op Room Dayang Torek, Kamis (26/08/2021).

Pesertanya adalah perwakilan SMP dan SMA se Kota Lubuklinggau.

Dalam arahannya Sekda berpesan kepada anak-untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari Covid-19. 

Dirinya juga optimis yang terpilih nantinya adalah anak-anak yang mempunyai kemampuan dan dedikasi tinggi. 

Menurut Sekda salah satu tugas forum anak adalah membantu pemerintah karena pemerintah tanpa bantuan elemen masyarakat tidak bisa apa-apa. Selain itum forum ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada anak-anak mulai dari tingkat PAUD sampai SMA. 

“Anak-anak harus melaporkan apabila menemukan hal yang tidak sesuai atau melanggar hukum mengenai anak. Tapi laporannya harus benar, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan,” imbuhnya. 

Selanjutnya Sekda juga menyampaikan, masa kepengurusan forum anak selama dua tahun. Dalam proses pemilihan, akan dipilih lima orang kepengurusan inti untuk memilih pengurus lainnya. 

“ Terima kasih kepada anak-anak yang telah berperan dalam pembangunan di Kota Lubuklinggau. Selalu komunikasi dan koordinasi dengan DP3APM,” sarannya.k

Sekda berharap, anak-anak dapat menjadi pelopor maupun pelapor, lebih peduli terhadap Kota Lubuklinggau termasuk dalam hal pemenuhan hak anak. 

Sementara itu, Kepala DP3APM Kota Lubuklinggau, Heri Zulianta menyampaikan forum anak masa kerjanya selama dua tahun. Forum anak bertujuan untuk menjadi pelopor bagi anak-anak di Kota Lubuklinggau dan memberikan wadah kepada anak-anak dalam upaya perlindungan anak di lingkungan sekolah maupun dilingkungan masyarakat. 

Masih kata Heri, forum anak juga diharapkan dapat menjadi pelapor apabila ada anak-anak yang melanggar hukum maupun terkena tindakan yang merugikan anak-anak secara hukum. 

“Nanti akan dipilih lima orang pengurus inti, terdiri dari ketua, wakil ketua, sekretaris wakil sekretaris dan bendahara. Selama ini sebelum pandemi Covid-19 kita selalu mengikuti lomba tingkat provinsi maupun tingkat nasional. Namun sejak Covid-19, banyak kegiatan mengalami kevakuman,” terangnya. 

Mengenai anggaran forum anak, dialokasikan dari anggaran di DP3APM. Kedepan diharapkan forum anak dapat membawa Kota Lubuklinggau kembali meraih prestasi sebagai kota layak anak. (Efran)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.