Petani Kelapa Sawit Talang Puyang PALI Keluhkan Harga Pupuk dan Harga Racun Rumput Mahal Sedangkan Harga Kelapa Sawit Mahal Namun Buah Trac

PALI, SP - Dengan tingginya Harga pupuk kelapa sawit dan harga racun rumput di kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir(PALI) dan harga kelapa sawit mahan namun buahnya track. 

Pantauan Awak Media dilapangan ketika menyambagi petani kelapa sawit di Talang Puyang Kelurahan Talang Ubi Barat kecamatan Talang Ubi, Mailan mengatakan memang betul saat ini harga buah kelapa sawit harganya mahal."

Sementara sangat disayangkan buahnya tidak lebat ketika panen buah sawit saat ini mengalami track tidak ada buah dan katanya buah kelapa sawit rata-rata di Kabupaten PALI sedikit buahnya padahal pemeliharaan dan perawatan terus dilakukan selalu di pupuk pohon sawitnya dan di semprot rumput disekitar pohon tapi masih saja buah tidak banyak bahkan tandanya sedikit." ujarnya. 
 
Ditambah lagi harga pupuk mahal dan harga racun rumput juga mahal kita terkendala dipembelian pupuk yang harganya mahal harga buah kelapa sawitnya tinggi namun buah kelapa sawitnya mengalami track kurang buah apalagi tidak ada pupuk subsidi kami mohon bantuan pupuk dari Dinas Pertanian Kabupaten PALI dengan bantuan wartawan untuk menyampaikannya"harap dia. 

Menurut Mailan warga Talang Puyang  yang di keluhan kami petani sawit yanf pertama pupuk mahal, harga racun mahal walau buah kelapa sawit mahal tetapi buahnya kurang lebat kalau panet hanya dapat sedikit.

Dikatakanya di penjualan kelapa sawit di RAM harga perkilo Rp24,500,00  sedangkan harga kelapa sawit di Pabrik bisa mencapai diatas Rp. 27.000,00 dan harga di pabrik."

Ketika dikonfirmasi wartawan salah satu dari pedagang pupuk yang ada di Pendopo selasa (26/10/2021) Pajul  pedagang pupuk di kecamatan Talang Ubi, PALI mengatakan harga pupuk mutiara Rp580.000,00 dalam satu liter dan harga pupuk non subsidi seperti pupuk uria Rp360.000,00,pupuk TSM Rp460.000,00,TSP 36 Rp160.000,00, KCL Rp500.000,00 dan MPK mutiara Rp580.000,00.

Ditambahkan Marin warga Pendopo harga buah kelapa sawit mahal namun buah sawitnya kurang saat panen mengalami track tidak ada buah ditambah lagi dengan mahalnya harga pupuk dan harga racun rumput ini yang dikeluhkan oleh petani kelapa sawit harga buah kurang pupuk mahal.

Dan kami mengharapkan kepada pihak instansi terkait Dinas Pertanian Kabupaten PALI bantu kami petani bantu pupuk seetidaknya beri pupuk subsidi agar petani kelapa sawit di bumi serepat serasan ini bisa sejahtra. "harapnya. (Dharmawan SE/Amin)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.