Notification

×

Tag Terpopuler

Kampanye Germas dengan Lintas sektoral.

Tuesday, December 07, 2021 | Tuesday, December 07, 2021 WIB Last Updated 2021-12-07T00:48:26Z


OKU TIMUR, SP -
Pemerintah OKU Timur melalui Dinas Kesehatannya melakukan Aksi Optimalisasi gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) dalam upaya Pencegahan Stunting, dan merubah pola pikir masyarakat penting menjaga pola Hidup sehat 

Kegiatan ini di aula bina praja 1 Pemkab Senin pagi (06/12/2021).

Acara itu dihadiri Ketua TP PKK OKU Timur Hj dr Sheila Noberta, bersama Ketua TP PKK dari 20 kecamatan, kepala OPD,  dan unsur terkait dibuka Sekretaris Daerah (Setda) namun diwakili Asisten 1 Dwi Supriyanto.

Kampanye Germas ini dikemas dengan  kegiatan menarik, mulai dari senam bersama, dan pemberian hadiah  dilanjutkan pembinaan  penting nya Germas disampaikan ketua TP PKK.

Ketua panitia pelaksana Kepala Bidang (Kabid ) Kesehatan masyarakat Dinkes  Elwana SKM mengatakan, tujuan kampanye ini  dilakukan sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam menggalakkan pentingnya menjaga pola hidup sehat.

“Untuk kesempatan ini, kita kampanyekan 3 pilar Germas, yakni olahraga, makan buah dan sayur sebagai pangan lokal, dan pemeriksaan kesehatan. Ini adalah langkah awal yang kita lakukan untuk menyadarkan kepada khalayak akan pentingnya menjaga kesehatan,” ujarnya.

Germas ini lanjut dia, akan terus dikampanyekan dengan menyasar masyarakat di tingkat kecamatan hingga Desa dan Kelurahan se-Kabupaten OKU Timur.

Elwana mengatakan,  tujuan germas agar meningkatkan kesadaran masyarakat tentang gaya hidup  sehat, dalam upaya promotif dan preventif serta menurunkan faktor risiko utama penyakit menular dan tidak menular.

Selain itu sambung nya, membudayakan masyarakat hidup sehat, jaman sekarang bukan lagi ajakan akan tetapi menjadi  sudah keharusan di tengah tingginya risiko penyakit menular Indonesia.

'' Kampanye hidup sehat dilakukan dengan cara sosialisasi dan mengapokasi para pengambil kebijakan, baik tingkat kabupaten maupun kecamatan dan kelurahan , dapat mendukung pelaksanaannya dengan lintas sektoral dalam pencegahan stunting daerah ini.'' Jelasnya.

Sementara, Sekretaris Daerah diwakili Asisten 1  Dwi Supriyanto dalam kesempatan membuka kampanye Germas ini menyambut baik aksi yang menurutnya sangat penting dilakukan di tengah pandemi Covid-19.

“Menjaga kesehatan ini harus dimulai sejak awal, dan perlu dilakukan kebiasaan-kebiasaan yang harus dilakukan sejak kecil. Sehingga anak-anak kita nantinya akan memahami arti penting kesehatan,” pesannya.

Dalam kampanye Germas ini, turut hadir Kepala Sekretaris Kesehatan Yakup SKM, Tim kampanye Germas dari Dinkes, serta para tenaga kesehatan dan masyarakat umum lainnya. (SR)

×
Berita Terbaru Update