-->

Notification

×

Ketua DPRD PALI Sampaikan Peran dan Fungsi Anggota Dewan

Tuesday, March 22, 2022 | 20:30 WIB Last Updated 2022-03-22T13:31:16Z


 

PALI, SP - Hal itu disampaikan,Ketua DPRD PALI, H Asri Ag, saat menggelar reses ke-1 di Kecamatan Penukal, bertempat di Gedung Serba Guna, Desa Babat, Senin, 21 Maret 2021.


Dalam masa reses, ada sebanyak 7 Anggota DPRD PALI asal Dapil II yang bertatap muka langsung dengan para konstituennya.


Ketujuh anggota DPRD PALI itu adalah H Asri Ag SH M.SI., yang juga merupakan Ketua DPRD PALI, Suarno SE, Edy Eka Puryadi S.sos, Basuki Rahmat, ST, Tuti Ilsan, SH, H Amran SH dan Jodika, SE.


"Kepada masyarakat harus kita ketahui ada tiga tugas dan fungsi DPRD, yakni Fungsi Legislasi, Pengawasan dan Anggaran," ujar H Asri Ag dihadapan para peserta reses.


Legislasi artinya DPRD berwenang membuat Peraturan Daerah (Perda) bersama pihak eksekutif.


"Membuat perda ini tentunya yang pro dan dapat menguntungkan masyarakat kita Kalau tidak, maka akan kita tolak," jelasnya.


Sementara, Fungsi Anggaran artinya DPRD sebagai representatif masyarakat melakukan pembahasan dan menyetujui anggaran yang diajukan oleh pemerintah. Sementara, fungsi control sosial atau pengawasan artinya DPRD memastikan anggaran yang telah disepakati telah dilaksanakan dengan baik oleh Pemerintah.


"Jadi jangan salah menilai, kami tidak berhak memeriksa tebal atau volume proyek. Itu wewenang penegak hukum atau BPK," paparnya.


"Tapi kalau anggaran yang telah disetujui tidak dijalankan oleh pemerintah. Kami (DPRD) bisa meminta pertanggungjawaban melalui LKPJ," timpalnya.


Lebih jauh, H Asri Ag membeberkan dilema bagi para anggota DPRD. Dimana banyaknya usulan pembangunan yang diajukan oleh masyarakat, namun acapkali dianggap sebagai aspirasi DPRD.



Ini sudah kita sampaikan ke Bappeda dimana jika ada usulan dari masyarakat untuk bisa diakomodir. Terlebih siapapun nantinya yang akan memenangkan paket pekerjaan tersebut. Yang terpenting manfaat dari pembangunan tersebut dapat dirasakan oleh masyarakat," tekannya


Turut hadir dalam acara reses tersebut, yakni unsur dari Tripika Kecamatan, Para Kepala Desa se Kecamatan Penukal, dan tokoh masyarakat lainnya.


Reses ditutup dengan penyerahan usulan proposal pembangunan secara simbolis dari berbagai desa kepada para anggota DPRD PALI Dapil II(Dharmawan SE/Budi S)















Popular Posts

×
Berita Terbaru Update