Notification

×

Tag Terpopuler

Peringati HUT Ke-41, Bukit Asam Gelorakan Transformasi

Thursday, March 03, 2022 | Thursday, March 03, 2022 WIB Last Updated 2022-03-03T07:22:55Z


Muara Enim, SP  -
Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-41 yang jatuh pada Rabu, 2 Maret 2022, PT Bukit Asam Tbk menegaskan komitmen dalam menjalankan transformasi menjadi perusahaan energi kelas dunia yang peduli lingkungan. Transformasi ini bertujuan mendukung target Net Zero Emission (NZE) di tahun 2060, meningkatkan kontribusi perusahaan dalam ketahanan energi nasional, dan mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainability Development Goals /SDG’s).


Direktur Utama Bukit Asam, Arsal Ismail menjelaskan transformasi dilakukan secara holistik, mulai dari bisnis, digital, cara pikir, hingga budaya perusahaan untuk memaksimalkan peran dan kontribusi perusahaan. Menurutnya, transformasi menjadi pondasi yang fundamental dalam menghadapi perkembangan teknologi, dinamika geopolitik, dinamika pasar, dan berbagai isu berpengaruh lainnya. 


“Transformasi sangatlah challenging. Perlu effort dan perjuangan untuk menjadi lebih baik dan memberikan kehidupan yang lebih baik juga bagi sesama,” ujar Arsal Ismail dalam pidato sambutannya di acara puncak HUT ke-41 Bukit Asam yang digelar hybrid.


Upaya transformasi ini pun tercermin dalam perayaan HUT ke-41 yang mengusung tema “Bukit Asam untuk Kehidupan Lebih Baik”. Beragam kegiatan digelar untuk memeriahkan rangkaian HUT yang mulai bergulir sejak pertengahan Januari 2022 tersebut.

 

Rangkaian Kegiatan Sebagai bentuk komitmen perusahaan terhadap masyarakat di sekitar perusahaan dan mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan, sejumlah kegiatan bantuan dan sosial kemasyarakatan digelar. 


Sebanyak 18.410 paket sembako disalurkan kepada masyarakat pra sejahtera di masing-masing unit perusahaan, di antaranya Unit Pertambangan Tanjung Enim sebanyak 9.000 paket, Pelabuhan Tarahan 4.100 paket, Dermaga Kertapati 3.810 paket, Pertambangan Ombilin 1.000 paket, dan Kantor Perwakilan Jakarta 500 paket. 


Selain pembagian sembako, program bedah rumah juga dilaksanakan sebagai upaya menciptakan hunian yang layak, aman, dan tangguh. Sebanyak 25 unit rumah akan mendapatkan perbaikan dengan anggaran biaya sebesar Rp1,23 miliar. 


Di bidang kesehatan, rangkaian HUT ke-41 diisi dengan kegiatan operasi katarak dan bantuan kaki palsu. Operasi katarak diikuti oleh 33 penerima manfaat yang berasal dari lima kecamatan di Kabupaten Muara Enim dan Lahat yaitu Kecamatan Tanjung Agung, Lawang Kidul, Muara Enim, Merapi Barat, dan Merapi Timur. Operasi dilaksanakan di RS Bukit Asam Medika,bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) Cabang Sumatera Selatan.Sementara bantuan kaki palsu disalurkan kepada 13 penerima manfaat di Kabupaten Muara Enim. 


Program ini dilakukan dalam dua tahap yakni pengukuran yang dilaksanakan pada 8 Februari 2022 lalu di RS Bukit Asam Medika serta penyerahan dan pemasangan bantuan kaki palsu yang dilaksanakan 1 Maret 2022 di rumah masing-masing penerima manfaat. Tidak hanya kegiatan sosial kemasyarakatan, berbagai perlombaan juga turut menyemarakkan rangkaian HUT ke-41 di antaranya lomba desain batik Kujur, lomba story telling, lomba smart quiz, lomba English speech, lomba jingle HUT, lomba mewarnai/menggambar, serta lomba virtual run.


Sebagai puncak acara rangkaian, Bukit Asam menyalurkan bantuan pendidikan AYO SEKOLAH kepada siswa SD, SMP, dan SMA yang berasal dari keluarga pra sejahtera di wilayah sekitar perusahaan. Penerima manfaat dari program ini mencapai 3688 siswa yang terdiri dari 1747 siswa SD, 986 siswa SMP, dan 955 siswa SMA. Program AYO SEKOLAH mengucurkan dana senilai Rp5,29 miliar.


Acara Puncak HUT ke-41 juga dimeriahkan dengan gelaran Jazz Tambang #1 yang menghadirkan musisi papan atas Indonesia seperti Tulus, Andien, dan Dewa Budjana. Kegiatan digelar secara hybrid dengan menerapkan protokol kesehatan. Pencapaian Tidak hanya dimeriahkan oleh berbagai kegiatan dan aksi sosial kemasyarakatan, HUT ke-41 Bukit Asam juga terasa istimewa oleh capaian-capaian positif yang diraih oleh perusahaan.(Dharmawan SE/Yyk)

×
Berita Terbaru Update