-->

Notification

×

RUMAH WARGA DESA LINGGE HANGUS DI LALAP API

Sunday, March 13, 2022 | 19:42 WIB Last Updated 2022-03-13T12:42:33Z


EMPAT LAWANG, SP - Sebanyak lima unit rumah warga di Desa Lingge Kecamatan Pendopo Barat ludes terbakar. atas kejadian ini tidak ada korban jiwa maupun luka. Sedangkan tiga rumah lainnya mengalami rusak ringan.


Kepada Awak Media Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Empat Lawang, Evi Ferilina Susanti, SE,MM membenarkan musibah kebakaran tersebut.


“Dapat kita kabarkan bahwa pada hari Minggu tanggal 13 Maret 2022 waktu pagi sekitar pukul 10:00 wib di Desa Lingge Kecamatan Pendopo Barat telah terjadi musibah kebakaran,”kata Evi Ferilina Susanti, Minggu (13/3/2022).


Menurut Evi, dari hasil pendataan terdapat lima rumah warga yang rusak berat, pemilik korban Umar dan Yamin yang di huni 4 jiwa, lalu Rumah Muhammad dan Satu ada 2 jiwa,  rumah Sopian ada 3 jiwa, Edi tiang lalu satu gudang desa. Sedangkan untuk rumah rusak ringan diantaranya milik Amir Mukmir, Ibrahim dan Amur Hamzah.


“Api cepat merambat besar, karena sebagian besar rumah terbuat dari kayu,”ujarnya.

 

Disampaikannya, sebenarnya, ketika muncul api sudah banyak warga yang membantu memadamkan. Namun upaya warga tidak membuahkan hasil, karena embusan angin pagi begitu kencang dan membuat api cepat merambat, dan melalap habis rumah milik korban. 


Sehingga api begitu cepat melalap bangunan hingga rata dengan tanah.”Kita mengarahkan tiga unit mobil damkar, diantaranya mobil damkar dari Pendopo, satu unit damkar dari Muara Pinang, dan satu lagi mobil damkar dari Ulu Musi. Namun untuk mobil damkar dari Ulu Musi mengalami kendala, karena mogok di jalan menuju lokasi kebakaran,”katanya lagi.

 

Setibanya di lokasi  petugas yang  berupaya melokalisir kobaran api, agar tidak menjalar ke rumah lainnya. Lalu melakukan pembasahan agar tidak muncul api lagi.


“Untuk pemicu kebakaran sendiri,  saat ini sedang dilakukan penyelidikan, kita bulum bisa memastikan penyebab nya apa,”bebernya.


Akibat kebakaran  kerugian  ditaksir sebesar Rp 850 juta. Pasalnya, tidak ada barang yang bisa diselamatkan. Termasuk peralatan dapur juga ludes terbakar. Korban dan anggota keluarganya untuk sementara ditampung di rumah warga dan kerabatnya. selanjutnya korban masih menunggu petunjuk dan berharap mendapat bantuan darurat dari pemerintah setempat.(Dharmawan SE/Saplin)















Popular Posts

×
Berita Terbaru Update