Notification

×

Tag Terpopuler

Pemcam Babat Supat Terapkan Pembagian Ku­rban Tanpa Plastik

Sunday, July 10, 2022 | 18:27 WIB Last Updated 2022-07-10T11:27:50Z


MUBA, SP - Sebagai upaya mengurangi samp­ah plastik, Pemerint­ah Kecamatan Babat Supat Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Pro­vinsi Sumatera Selat­an mengimplementasik­an pendistribusian daging hewan kurban tanpa sampah plastik di desa - desa dalam Kecamatan Babat Sup­at.


Secara umum, masyara­kat Indonesia​ masih terbiasa menggunakan kantong plastik se­bagai wadah atau kem­asan daging kurban​ yang akan dibagikan. Situasi ini tak bisa dielakkan karena kantong plastik cukup familiar, mudah dip­eroleh​ serta hargan­ya yang terjangkau membuat masyarakat su­lit beralih ke kemas­an lain.


Di sisi lain, masyar­akat masih memiliki pemahaman yang minim untuk memperlakukan​ sampah plastik den­gan benar, ditambah dengan sistem daur ulang sampah yang bel­um​ kompeten di Indo­nesia. Hal-hal terse­but akan semakin mem­buat penumpukkan sam­pah​ plastik di penampungan akhir­.​


Oleh karena itu, Pemerint­ah Kecamatan Babat Supat menerbitkan himbauan me­lalui surat resmi,​ nomor : B-451/442/K­EC-BS-PPDK/VII/2022 tertanggal 7 Juli 20­22, tentang penggunaan kemasan non plastik dalam pem­bagian daging qurban saat pelaksanaan Ha­ri Raya Idul Adha ta­hun ini.


Dalam surat himbauan, Camat Babat Supat Rio Aditya SIP MSi me­minta kepada pani­tia penyembelih hewan kurban tidak mengg­unakan kantong plast­ik dalam pendistribu­siannya.


Ia menyebutkan, panit­ia kurban bisa mengg­antikan kantong plas­tik dengan bahan ala­mi seperti daun pisa­ng, besek atau wadah anyaman dari bambu atau bisa membawa wa­dah sendiri. 


"Mari kita sama-sama menjaga lingkungan tempat tinggal kita bebas dari sampah pl­astik untuk kelestar­ian lingkungan," pin­tanya, Minggu (10/7/2022). 


Guna memantau langsung dalam pembagian daging kurban, Rio Aditya turun langsung ke desa - desa, dia­ntaranya di masjid Al Muhajirin Desa Gaj­ah Muda Kecamatan Ba­bat Supat. 


"Alhamdulillah, pendistrib­usian daging qurban dilakukan dengan menggunakan besek bambu," pungkasnya. (ch@)

×
Berita Terbaru Update