Notification

×

Tag Terpopuler

Rusun Khusus ASN Hanya Bayar Rp300 Ribu/ Bulan

Thursday, July 07, 2022 | 14:30 WIB Last Updated 2022-07-07T07:30:46Z


Palembang, SP -
Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Palembang yang belum memiliki rumah nantinya bisa menyewa di Rusunawa 5 Ulu khusus ASN.

Rusunawa di Jalan Panca Usaha Kelurahan 5 Ulu ini akan dibangun oleh Kementerian PUPR melalui Dirjen Perumahan. Saat ini Pemerintah Kota Palembang sudah menyiapkan kelengkapan persyaratan.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah Kota Palembang Ratu Dewa saat meninjau lahan pembangunan rusunawa, Kamis (7/7/2022). diprioritaskan bagi ASN yang belum punya rumah sehingga bisa menjadi tempat yang layak.

Sekretaris Daerah Kota Palembang Ratu Dewa mengatakan, lahan tersebut sudah clear karena milik Pemerintah Kota Palembang. Lahan seluas 8.232 meter persegi ini dibangun sebagai rumah susun (rusun) 2 tower 300 unit kamar. 

"Lokasi ini sangat strategis karena dekat dengan pusat kota dan transportasi juga lancar. Rusun ini bisa dimanfaatkan, mungkin diantara 11 ribu orang ASN ini mungkin ada yang belum punya rumah" katanya.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Affan Prapanca mengatakan, rusunawa ini dibangun sebanyak 4-6 lantai. 

"Harga sewanya cukup terjangkau Rp300 ribu perbulan," katanya. 

Lahan ini sudah lama ganti-rugi, sejak 2012. "Kondisi saat ini belum termanfaatkan, pembebasannya untuk rusunawa karena anggaran saat itu belum tersedia," katanya.

Pemkot Palembang berharap bantuan dari pemerintah pusat ini dapat terealisasikan di 2023. Pihaknya menyiapkan administrasi sertifikat dan lainnya, sementara untuk pematangan lahan pihaknya berharap pusat yang juga mendanai.

"kalau dari Perkimtan sangat terbatas, kami berharap Kementerian PUPR, kami hanya menyiapkan kelengkapan persyaratannya, dan fisik dari pusat," katanya. (Ara)

×
Berita Terbaru Update