Notification

×

Tag Terpopuler

Dinas Sosial Rujuk Nenek Nurhima Kedokter Spesialis Mata RSUD Empat Lawang

Saturday, August 27, 2022 | Saturday, August 27, 2022 WIB Last Updated 2022-08-27T03:09:27Z


 

EMPAT LAWANG, SP - Nenek Nurhima (65 Tahun) yg telah mengalami kebutaan di kedua belah matanya, beliau tinggal sendiri dirumahnya yang beralamat di Desa Terusan Baru Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Emapat Lawang Provinsi Sumatera - Selatan (Sumsel).


Kebutaan itu dialami Nenek Nurhima sejak tiga tahun yang lalu. Saat itu Nenek Nurhima merasakan mata kirinya panas kemudian gelap tidak bisa melihat apa apa. Satu setengah tahun kemudian menyusul mata yang kanan. 

Kedua anak laki-lakinya sama sekali belum pernah membawa Nenek Nurhima untuk memeriksakan matanya ke dokter. 


Bupati Empat Lawang melalui Dinas Sosial yang diwakili oleh Kabid Rehabilitasi Sosial Etty Rahmena, S.Pd bersama Tim Kemensos Balai Dharma Guna membawa Nenek Nurhima ke dokter spesialis mata di RSUD Kabupaten Empat Lawang Jumat, 26 Agustus 2022.


Dari hasil pemeriksaan, dokter menemukan bahwa di mata bagian kanan terdapat dua kelainan. Pertama adanya selaput yang menutupi di bagian putih kebagian hitam mata yang disebut dg pterygium dan sudah mencapai great 3 sampai dengan great 4. Kedua dislokasi lensa mata pada waktu pemeriksaan lensa mata tidak berada di tempat yang semestinya. 


" Pada mata kiri  Nenek Nurhima mengalami kekeruhan pd kornea  mata (keratopaty), kedua lensa matanya juga sudh keruh (katarak). Satu2nya cara harus melakukan pencangkokan kornea mata,"Ucapnya. 


Lanjut Etty, bersamaan dengan itu, di seberang rumah Nenek Nurhima terdapat juga Nenek yg mengalami kebutaan (Rohna 70 Tahun), Sekaligus dibawa untuk pemeriksaan mata ke RSUD Tebing Tinggi. Ada harapan bagi Nenek Rohna untuk kesembuhan matanya karena hanya mengalami Katarak. 


" Tetapi sebelum melakukan operasi, Nenek Rohna harus mengobati dulu Penyakit Tekanan darah tinggi yg dialaminya. Selain itu Nenek Rohna harus ke RSUD untuk melakukan ronsent terhadap paru parunya yg terdapat banyak lendir serta diduga jantungnya yg mengalami pembengkakan," tegasnya.


Sambungnya untuk memenuhi kebutuhan sehari hari Nenek Nurhima  dapat pemberian  dari masyarakat sekitar untuk makan dana minum. 

Sebelum kembali ke Bengkulu, Tim Kemensos Bhakti Guna didampingi Tim dari Dinas Sosial Empat Lawang memberikan bantuan berupa Sembako, Nutrisi dan perlengkapan tidur untuk Nenek Nurhima dan Nenek Rohna


" Semoga  Nenek Nurhima  dan Nenek Rohna selalu diberi kesehatan dan disembuhkan dari penyakit yang dialaminya," tutupnya


Salah satu masyarakat Desa Terusan Pirmansyah (38), mengucapkan terima kasih kepada pihak dinas sosial yang telah membawa Nenek Nurhima  dan Nenek Rohna untuk mengecek  penyakit mata yang dialaminya serta memberikan bantuan sembako kepada mereka.


"Semoga kedepannya pihak dinas sosial, bentuk kepeduliannya terhadap masyarakat Empat Lawang lebih ditingkatkan lagi," harapnya. (Dharmawan)

×
Berita Terbaru Update