Notification

×

Tag Terpopuler

Budaya Warisan Leluhur Harus Dipertahankan

Wednesday, December 14, 2022 | Wednesday, December 14, 2022 WIB Last Updated 2022-12-14T12:20:47Z


PAGARALAM, SP - Budaya atau kebiasaan adalah warisan leluhur secara turun temurun dalam kehidupan. Hal ini tentu harus dipertahankan jangan sampai tergerus dengan kajian dan perkembangan zaman. 


Berkenaan dengan budaya Besemah, Wali Kota Pagar Alam Alpian Maskoni menghadiri sekaligus membuka kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Tahap II dalam penyusunan Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) Kota Pagar Alam tahun 2022, yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), bertempat di Gedung Seminar Villa dan Hotel Gunung Gare, rabu (14/12/2022).


Dalam sambutannya, Wali Kota Pagar Alam Alpian Maskoni mengatakan budaya adalah suatu sistem atau cara hidup yang terus berkembang dan dimiliki bersama dalam suatu kelompok orang serta terus diwariskan dari generasi ke generasi, sehingga budaya itu tidak bisa terpisahkan dari manusia dan akan membentuk suatu pola hidup secara menyeluruh yang bersifat kompleks, abstrak dan meluas.


Melalui kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Tahap II dalam penyusunan Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) Kota Pagar Alam ini. 


"Semoga akan dapat mengenal lebih jauh lagi kebudayaan itu sendiri, baik yang berbentuk peragaan ataupun benda yang bernilai seni. Sehingga dapat menjadi nilai jual tersendiri bagi Kota Pagar Alam," sambung Wali Kota.


Diakhir sambutannya, Wali Kota Pagar Alam Alpian Maskoni berharap kedepannya dapat saling bersinergi dari berbagai pihak, baik dari dinas terkait, pemuka adat, lembaga adat, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat. Untuk dapat terus konsisten, terarah dan terintegritas dalam mencintai, menjaga serta melestarikan kebudayaan adat besemah ini tanpa menghilangkan nilai-nilai budaya dasar yang telah diwariskan oleh leluhur kita terdahulu.'kewajiban kita generasi muda untuk mempertahankan dan mewariskan budaya ini hingga ke anak cucu.'tutupnya. (Rep)

×
Berita Terbaru Update