Notification

×

Tag Terpopuler

Kejar Imunisasi Dasar Lengkap, Dinkes Lahat Launching PCV

Tuesday, December 13, 2022 | Tuesday, December 13, 2022 WIB Last Updated 2022-12-13T01:08:42Z


LAHAT, SP - Pemberian imunisasi yang terlambat atau tidak lengkap kepada anak menjadi salah satu hambatan dalam upaya meningkatkan kekebalan anak. Imunisasi kejar diperlukan untuk menyusul imunisasi anak yang tertunda, Dinas kesehatan kabupaten Lahat Launching Pneumococcal Conjugate Vsccine (PCV) dan kejar Imunisasi dasar lengkap Senin, (12/12/2022 )


"Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat Taufik Mardiansyah Putra Skm. MM mengatakan imunisasi adalah suatu upaya untuk menimbulkan atau meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit sehingga bila suatu saat terjangkit dengan penyakit tersebut tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan.


“Imunisasi dasar lengkap saja belum cukup memberikan perlindungan terhadap PD3I (Penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi) karena beberapa antigen memerlukan besar atau pemberian dosis lanjutan pada usia 18 bulan, usia anak sekolah dan usia dewasa. Sehingga sekarang tidak hanya mengejar imunisasi dasar lengkap tapi juga mengejar imunisasi rutin lengkap,” katanya


“Penyakit Pneumonia bisa terganggu keseimbangan gizinya sehingga menjadi stunting, untuk itu dengan adanya imunisasi ini ditargetkan dapat tiga hal sekaligus yaitu menurunkan angka kematian bayi, menurunkan angka kematian balita dan menurunkan angka stunting , dengan melakukan roll out secara nasional vaksinasi PCV ini agar anak-anak kita bisa kita lindungi dan terkendalikan kesehatannya sehingga mereka bisa berproduktif dewasa nya nanti dan lebih sehat” ucap kadis Kesehatan


“Imunisasi PCV Untuk Bayi Penting Agar Terlindung Dari Pneumonia dan menjadikan anak anak kabupaten Lahat sehat dan Bercahaya.” Pungkas Taufik


"Untuk mencapai kadar perlindungan maka imunisasi harus diberikan sesuai jadwal yang telah ditentukan. Jadwal imunisasi terbagi atas jadwal imunisasi dasar dan jadwal imunisasi ulangan.


"Imunisasi yang telah diberikan sudah menghasilkan respon imunologis walaupun masih di bawah ambang kadar proteksi atau belum mencapai perlindungan untuk kurun waktu yang panjang. Sehingga dokter tetap perlu melanjutkan dan melengkapi imunisasi agar tercapai kadar perlindungan yang optimal.


"Ketua TP PKK Lidyawati S,HUT, MM menyampaikan “Ketepatan waktu imunisasi harus tetap terjaga karena imunisasi itu selain harus ikut dengan jadwal yang ada, sebisa mungkin harus tepat waktu. Ini penting terbukti dengan ketepatan waktu imunisasi sesuai jadwal tingkat kekebalan itu akan tercapai terhadap PD3I dan secara luas akan mencegah terjadinya wabah,” katanya.


“Penyakit Pneumonia bisa terganggu keseimbangan gizinya sehingga menjadi stunting, untuk itu dengan adanya imunisasi ini ditargetkan dapat tiga hal sekaligus yaitu menurunkan angka kematian bayi, menurunkan angka kematian balita dan menurunkan angka stunting , dengan melakukan roll out secara nasional vaksinasi PCV ini agar anak-anak kita bisa kita lindungi dan terkendalikan kesehatannya sehingga mereka bisa berproduktif dewasa nya nanti dan lebih sehat. Mari kita cegah penyakit PCV agar anak anak kabupaten Lahat sehat.” pungkasnya. (Dharmawan)

×
Berita Terbaru Update