Notification

×

Tag Terpopuler

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, SMKN 5 Palembang Studi Tour ke SMKN 4 Malang

Tuesday, December 13, 2022 | Tuesday, December 13, 2022 WIB Last Updated 2022-12-13T09:44:50Z


PALEMBANG, SP - Di era penerapan BLUD di sekolah, SMK Negeri 5 Palembang melakukan studi pembanding untuk meningkatkan kualitas pendidikan kepada murid.


SMK Negeri 5 Palembang melakukan studi banding ke SMK Negeri 4 Malang bersama sekolah lainnya seperti SMK Negeri 2, SMK Negeri 7 dan SMK Negeri Sumsel ke SMK Negeri 4 Malang, di Jalan Tanimbar no 22 Malang Jawa Timur, Senin (12/12/2022).

 

Kepala SMKN 5 Palembang Zulkarnain, M.Pd mengatakan, untuk meningkatkan kualitas pendidikan ini SMK Negeri 5 berencana akan menerapkan sistem BLUD sama halnya dengan SMKN 4 Malang.


Diterapkannya BLUD, sekolah menjadi mandiri karena mengelola keuangan sendiri. Dengan menjadi BLUD, SMK juga mendapatkan fleksibilitas dalam pengelolaan keuangan.


"Dalam bidang pendidikan tujuan utama penerapan BLUD adalah meningkatkan mutu pendidikannya," katanya.


Meningkatnya mutu pendidikan dengan diterapkannya BLUD ini diharapkan siswa menjadi mandiri dan mampu menjadi wirausaha mandiri sesuai visi misi SMK.


"Kami berharap Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel dapat mendukung payung hukumnya," katanya.


Kepala SMK Negeri 4 Malang Drs. Gunawan Dwilyono, M.Pd menyambut baik kunjungan dari SMK Negeri 5, SMK Negeri 2, SMKN 7 dan SMK Negeri Sumsel. Diharapkan bisa mendapatkan ilmu seperti apa yang diinginkan.


"Ini merupakan sekolah yang telah menerapkan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang telah dijalankan pada tahun 2017," katanya.


SMKN 4 Malang merupakan satu-satunya sekolah yang siswanya melakukan PKL di istana kepresidenan. 


"SMKN 4 yang baru-baru ini juga memenangkan juara 2 Bursa Kerja Khusus (BBK) tingkat Provinsi Jawa Timur," katanya.


Sekolah ini berdiri di atas tanah seluas 12.410 meter persegi yang dulu sekolah grafika atau sekolah percetakan.


Selain itu, memiliki 9 jurusan kependidikan, namun sejak diterapkannya (kurikulum merdeka menjadi 8 jurusan yakni desain grafika, produksi, grafika, multimedia, animasi, rekayasa perangkat lunak, teknik jaringan komputer, mekatronika, juga logistik. (Ara)

×
Berita Terbaru Update