Notification

×

Tag Terpopuler

Kisah Mbah Kerto Berusia Lebih Satu Abad Calon Haji Dari OKU Timur

Sunday, May 21, 2023 | Sunday, May 21, 2023 WIB Last Updated 2023-05-21T06:44:05Z


OKU TIMUR, SP - Walaupun Usia Sudah Senja Sudah 1Abad  tidak Membuat serta merta mengurungkan kewajiban seorang muslimin naik haji, contohnya seorang kakek berasal dari desa Berasan Mulya Kecamatan Buay Madang Timur Kabupaten OKU Timur Kerto Yitno(105) tahun tetap berkeinginan dan naik haji tinggal menunggu pemberangkatannya saja. 


Mbah Kerto Yitno sendiri di ketahui melalui dari KTP nya kelahiran 1918 akhirnya siap untuk di berangkatkan menunaikan ibadah haji di usianya yang kini telah menginjak 105 tahun.


Meski telah berusia senja,mbah Kerto panggilan akrabnya mengaku tetap bersemangat dan tetap sehat hanya pendengaran nya saja sedikit terganggu tapi masih berkeinginan kuat untuk mengikuti ibadah haji. Ini merupakan pertama kalinya meskipun sudah menunggu lama karena dulu sempat tertunda oleh COVID-19 dan pembatasan usia dan alhamdulillah akhirnya saya siap di berangkatkan naik Haji, ujar nya penuh haru.


Bapak dari tujuh orang anak dari 2 Istri dan 15 cucung serta 18 cicit ini bercerita bahwa pertama kali datang ke OKU Timur pada tahun 1953 bersama 37 warga transmigrasi lainya yang berasal dari Provinsi Jawa Tengah tepatnya daerah Jogja pada saat itu kami di berangkatkan dari Jogja turun di Jakarta lalu di berangkatkan lagi ke lampung barulah kami sampai di OKU, Dulu kan masih OKU dan masih banyak hutan Belantara dari Rombongan kami yang berjumlah 37 orang tinggal saya yang masih hidup, cerita mbah kerto kepada wartawan Suara Keadilan Indonesia(20/05/2023). 


Dia mengaku telah lama ingin berangkat ke tanah suci menunaikan ibadah haji bersama istrinya namun,Sayang kedua istri mbah Kerto telah meninggal, dan sekian lama menabung dari hasil bertani dengan tekad yang kuat saya mendaftarkan naik haji pada tahun 2014 dan di ikuti oleh ke lima anak saya juga mendaftarkan naik haji alhamdulillah sudah satu anak saya yang sudah berangkat naik haji, tuturnya. 


Untuk pemberangkatan calon haji dari OKU Timur kemungkinan pada tanggal 4 juni tahun 2023 dengan calon haji sebanyak 445 orang dan cadangan 89 orang dan sebelum di berangkatkan harus di vaksin ke 3 atau Booster. (Rahman)

×
Berita Terbaru Update