Notification

×

Tag Terpopuler

PPDB Dengan Empat Jalur ini Dinilai Lebih Transparan

Wednesday, May 31, 2023 | Wednesday, May 31, 2023 WIB Last Updated 2023-05-31T09:10:35Z


PALEMBANG, SP - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang memastikan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Palembang berjalan transparan.


Dimana tahun ini PPDB sesuai dengan Permendikbud 1/2021 pasal 12,  menggunakan 4 jalur yaitu afirmasi, zonasi, mutasi dan zonasi.  


Sekda Kota Palembang Ratu Dewa mengatakan, pihaknya telah memantau proses PPDB baik di SMPN 17 maupun SMPN 1 Kota Palembang.


Dengan menggunakan aplikasi ini, Dewa berharap masyarakat, khususnya para orang tua dapat merasakan tranparansi dalam penerimaan siswa baru.


"PPDB Afirmasi ini semua terbuka lebar bagi yang ingin masuk ke SMPN 1, begitu pun bagi yang tidak mampu, asal sesuai syarat ada PKH, KIP dan lainnya," katanya. 


Menurutnya, pendaftaran melalui aplikasi ppdb.palembang.go.id ini masyarakat/ orang tua bisa melihat secara langsung dan memantau, baik hasil yang lulus, kuota, jumlah pendaftar dan jumlah penerimaan.


Melihat secara langsung pelaksanaan PPDB, Dewa menilai sudah transparan dan juga di diawasi kepsek di sekolah - sekolah. 


"Ini merupakan aplikasi yang baru dikembangkan oleh dinas pendidikan Palembang agar PPDB lebih transparan, melalui aplikasi ini," katanya.


Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palembang, Ansori mengatakan, semua calon peserta didik mendaftar sendiri dari rumah melalui aplikasi ppdb.palembang.go.id.


Menurutnya, pihak sekolah menyediakan beberapa komputer untuk membantu masyarakat yang tidak melakukan pendaftaran melalui aplikasi di rumah.


"Tapi petugas yang ada hanya membantu yang menginput data ortu dan anak sendiri," katanya. 


Kepala Sekolah SMPN 1 Palembang, Hastia mengatakan, untuk di SMPN I Palembang kuota afirmasi sesuai jumlah 15 persen dari penerimaan siswa. 


"Penerimaan siswa kita 320 siswa jadi 15 persennya ada sebanyak 48 untuk kuota afirmasi. Sampai hari ini yang daftar ke kita sudah 66 orang," katanya. (Ara)

×
Berita Terbaru Update