Notification

×

Tag Terpopuler

Zakat Mal dari TPP Ditarget Rp1,3 Miliar, Ratu Dewa Ajak ASN Berzakat

Tuesday, April 02, 2024 | Tuesday, April 02, 2024 WIB Last Updated 2024-04-02T08:23:42Z


PALEMBANG, SP - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Palembang mencatat baru 30 persen Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Palembang membayar zakat mal pada ramadhan tahun ini.


Dimana zakat mal yang dihimpun dari Tunjangan Kerja (Tukin) atau Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) selama satu tahun dan hanya 2,5 persen per ASN.


Sebagai bentuk imbauan dari PJ Walikota Palembang, Ratu Dewa menyontohkan seluruh ASN dengan membayar zakat mal miliknya.


"Diimbau kepada seluruh ASN untuk menunaikan zakat malnya, pemanfaatan nantinya untuk masyarakat miskin, dimana masyarakat miskin Palembang saat ini ada 10,22 %," katanya, Selasa (2/4/2024).


Sejak tahun 2016 hingga saat ini, Baznas Kota Palembang secara rutin membantu Pemerintah dalam memberikan rumah layak huni kepada masyarakat Kota Palembang.


"Sampai saat ini telah tercatat 78 rumah yang telah dibangun maupun diperbaiki oleh Baznas Kota Palembang," katanya.


Ketua BAZNAS Kota Palembang, Ridwan Nawawi mengatakan, BAZNAS menunggu seluruh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta Dirut dari seluruh Badan Usaha Daerah (BUMD) Kota Palembang untuk bayar zakatnya.


"Dari total keseluruhan ASN 4 ribu baru 30 persen yang melakukan pembayaran zakat mall nya dan ini masih ada waktu sebelum lebaran nanti," katanya. 


Selain PJ Walikota dan PJ Sekda, ada beberapa kepala dinas yang sudah membayar. "Pak wali itu zakat malnya yang diserahkan Rp35 juta, pak sekda Rp15 juta, kepala dinas mulai Rp1 juta sampai Rp5 juta," katanya. 


Target zakat mal dari ASN dan BUMD ini diproyeksi PJ Walikota Palembang Rp1,3 miliar dari target awal Rp1 miliar. 


"Sebab berkaca dari tahun lalu saja hanya sekitar Rp700 juta dari target Rp1 miliar," katanya. (Ara)

×
Berita Terbaru Update