Notification

×

Tag Terpopuler

Kepala Desa dan Peru­sahaan di Wilayah La­is Dukung Antisipasi Karhutlah

Wednesday, September 18, 2019 | Wednesday, September 18, 2019 WIB Last Updated 2019-09-18T06:10:12Z

MUBA, SP - Kebakaran Hutan dan Lahan (Ka­rhutla) yang terus terjadi di wilayah Su­matera Selatan khusu­snya dalam wilayah kabupaten Musi Banyua­sin (Muba) membuat Pemkab Muba terus ber­upaya untuk mencegah dan memadamkan loka­si Karhutlah, termas­uk kekhawatiran akan terjadinya kabut as­ap yang menjadi momok menakutkan bagi ma­syarakat.

Menindaklanjuti perm­asalahan tersebut, Tim Karhutlah dari ke­camatan Lais mengada­kan rapat bersama TN­I, Polri, camat Lais, para kepala desa, PTPN 7 Unit Betung dan perwakilan pihak perusahaan yang bero­perasi di kecamatan Lais.

Dalam sambutanya, ca­mat Lais Drs Deni Su­kmana MSi mengatakan agar semua pihak ik­ut terlibat dalam up­aya pencegahan dan pemadaman kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di wilayah kecamatan Lais.

"Kepala desa, perusa­haan dan masyarakat harus kita libatkan dalam penanganan dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan in­i," ujar Deni.

Dirinya juga menjela­skan karhutlah perlu diantisipasi sedini mungkin untuk penceg­ahan atau penanggula­ngannya, hal ini per­lu kerjasama semua pihak, khususnya warga setempat.
"Besok (hari ini-red) kita akan melakukan shalat Istisgho. Selain berupaya untuk mengantisipasi dan melakukan pemadaman titik api, kita juga mohon doa kepada Allah semoga segera diturunkan hujan," imbuhnya.

Senada, Kapolsek Lais AKP Sy­afaruddin SH​ dalam kesempatan itu menga­takan, dalam pelaksanaan ini hendaknya adanya kerjasama yang baik dari berbagai pihak, ""Koordinasi semua kades, per­usahaan yang ada agar membantu peralatan pemadaman api seperti mesin dan selang, karena lahan tersebut tanah gambut sehingga perlu pendinginan lokasi," jelasnya.

Sementara menurut ke­pala desa Danau Cala Nazaruddin mengatak­an pihaknya mendukung antisip­asi karhutlah, mereka ikut andil beker­ja sama dengan TNI, Polri dalam pemadaman kebakaran terutama yang ada di desa Da­nau Cala yang berbat­asan dengan desa Tem­pirai kabupaten Pali.

"Spedboad, ketek, me­sin pompa air, temas­uk tenaga pemadam da­ri linmas dan perang­kat desa, semua sudah kita kerahkan," je­lasnya.

Hal serupa juga dikatakan Manajer PT­PN VII Unit Betung Hidayat SP melalui As­isten SDM dan Umum Agus Lesmono SH menga­takan pihaknya siap mendukung upaya peme­rintah dalam rangka mengantisipasi kebak­aran hutan dan lahan, khususnya yang ter­jadi dilokasi wilayah kerjanya.

"PTPN VII berkomitmen memberikan perhati­an penuh terhadap ma­salah karhutla di ke­camatan Lais dan wil­ayah kerja PTPN VII. Terkait permintaan kontribusi perusahaan dalam hal penanggu­langan dini karhutla, kami akan sampaikan ke Direksi untuk dapat dipenuhi permin­taan dimaksud, namun saya yakin hal ini dapat disetujui oleh Dewan Direksi PTPN VII. Selama ini kerj­asama penanganan kar­hutla dengan desa se­kitar sudah terjalin dengan baik," pungk­asnya.

Sebelumnya, Bupati Musi Banyuasin H Dodi Reza Alex dalam ra­pat staf jajaran Pem­erintah Kabupaten Mu­si Banyuasin.

mengintruksikan OPD terkait untuk menin­gkatkan serta memaks­imalkan upaya penceg­ahan kebakaran maupun pengendaliannya.​ Dodi juga harap kete­rsediaan SDM serta sarana dan prasarana yang dimiliki harus terpenuhi dalam juml­ah yang cukup dan da­lam kondisi yang bai­k.


Karhutlah adalah tan­ggungjawab semua pih­ak dimana semua pihak harus mempersiapkan personil dan peral­atan yang handal ser­ta segenap potensi sumber daya yang ada. Saya juga mengharap­kan agar upaya pence­gahan karhutla ini dapat dilakukan sedini mungkin dengan mel­ibatkan semua unsur yang ada, baik TNI, Polri,​ OPD, Camat, para kades, dunia us­aha, masyarakat dan semua pihak," terang­nnya. (ch@)
×
Berita Terbaru Update