Notification

×

Tag Terpopuler

IRT Dilatih Keterampilan Menjahit

Thursday, November 21, 2019 | Thursday, November 21, 2019 WIB Last Updated 2019-11-21T02:27:54Z

BANYUASIN, SP - Pemerintah Desa Upang Marga Kecamatan Air Salek menggelar pelatihan keterampilan menjahit yang dilaksanakan di Kantor Desa Upang Marga Kecamatan Air Salek, Selasa (19/11) kemarin. Pelatihan dibuka kepala desa setempat Syaiful Lizal, S.Ip., MSi.

Kepala Desa Upang Marga Syaiful Lizan, S.Ip., M.Si berharap dengan kegiatan yang dilaksanakan ini Ibu Rumah Tangga (IRT) mendapatkan keahlian khusus yang belum memiliki skill atau keterampilan praktis di bidang menjahit. Sehingga memiliki bekal keterampilan sebagai penunjang penciptaan lapangan pekerjaan yang akan menjadi mata pencaharian untuk  kesiapan berwirausaha.  

"Pelatihan menjahit yang dilakukan dilihat dari tiga pendekatan yaitu input, proses, dan output. Mudah-mudahan kegiatan ini menjadi manfaat dan sumber ilmu bagi masyarakat desa Upang Marga," ujar Syaiful Lizan.

Ditegaskan pria berkacamata ini, dalam era globalisasi, sumber daya manusia yang berkualitas sangat diperlukan. Upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia tersebut, tentunya tidak terlepas dari proses pendidikan. 

"Pendidikan pada dasarnya merupakan suatu proses pemberdayaan dan pembudayaan individu agar ia mampu memenuhi kebutuhan perkembangannya dan sekaligus memenuhi tuntutan sosial, kultural, dan religius dalam lingkungan kehidupannya. Dengan kata lain pendidikan memiliki fungsi sebagai sarana pemberdayaan manusia dalam menghadapi tantangan masa depan,"jelas dia.

Dikatakan pria murah senyum ini, dalam pelatihan tersebut pihaknya menghadirkan narasumber yang berkompeten yakni tenaga proposional dari Palembang Emiyana,ST. Kegiatan juga dihadiri Ketua TP PKK Desa Upang Marga dan dihadiri Sekcam Air Salek  Suiyono,S.Pd serta Pendamping Desa Eka.

"Kegiatan ini berlangsung selama dua hari yakni Selasa (19/11) hingga Rabu (20/11). Kami harap ilmu yang diberikan narasumber dapat digunakan sebagai modal awal memulai berwirausaha," kata dia sembari menambahkan untuk sumber dana di anggarkan dari Dana Desa Tahun Anggaran 2019 Bidang Pemberdayaan. (Adm)
×
Berita Terbaru Update