Notification

×

Tag Terpopuler

Rasakan Bedanya Citarasa Rujak Buah Tamsis

Thursday, November 14, 2019 | Thursday, November 14, 2019 WIB Last Updated 2019-11-14T08:27:23Z

PALEMBANG, SP - Wong Palembang yang suka makan rujak buah, pasti tidak asing lagi dengan  Bahrul Rozi dan Farida Wati, Pasangan suami istri yang menjual rujak buah. Outletnya berada di depan Universitas Taman Siswa yang berlokasi di Jalan Taman Siswa Palembang. Sudah sejak tahun 1994 meraka berjualan bahkan warga di sana sudah mengenal dan paham betul ciri khas rasa bumbu rujaknya.

Rujak yang terdiri dari buah seperti bengkuang, pepaya, mangga muda, jambu air, kedondong, nanas dan mentimun, seporsinya hanya di jual Rp 15 Ribu saja.

“Untuk bumbu rujak terbuat dari gula merah batok asli yang berasal dari Linggau, cabai rawit, gula & garam, air asam jawa, juga ditambahkan kacang India yang di haluskan terlebih dahulu di tambah dengan terasi bagi yang suka serta rasa pedesnya yang memperkaya rasa, “ Jelas Bahrul Rozi, saat di temui di outletnya, Rabu (13/11).

Bahrul Rozi menuturkan,untuk gagang ulekannya pun ia buat sendiri yang terbuat dari akar bambu yang ia kreasikan bentuknya agar dengan mudah ia mengulek bumbu rujaknya, sehingga tidak sama dengan tempat lainnya dan bisa menambah citarasa bumbu rujaknya.
Untuk buah-buahannya, ia memakai buah-buahan yang segar yang ia beli secara langsung di Pasar Klinik 7 Ulu atau di Pasar Induk Jakabaring saat malam hari.

“ Saya sengaja tidak mau membeli secara banyak, akan tetapi membeli secukupnya sekitar 5 Kg dan langsung ke Pasar Klinik atau ke Pasar Induk Jakabaring hampir setiap hari atau dua hari sekali, “ ujarnya.

Semua ini saya lakukan demi menjaga kualitas buahnya agar bisa selalu menyajikan buah yang segar dan fresh. Karena kalu beli nanti buahnya cepat busuk dan tidak segar, bisa bisa lari pelanggannya.

Sementara itu, Farida Wati selaku istri nya menambahkan, seperti cuaca panas di Palembang paling cocok makan yang manis, asin, pedas, asam seperti rujak buah yang ia jual. Selain memberikan kesegaran, makanan dengan bahan utama buah-buahan mengandung Vitamin C yang sangat baik bagi tubuh

“Selain menjual rujak buah, kamu juga rujak sayuran atau yang sering disebut dengan gado-gado,” Kata Farida Wati.

Kesamaan dari rujak buah dan gado-gado yang mereka jual tersebut terletak pada bumbu kacang yang menemaninya. Tapi ada perbedaanya, jika rujak buah banyak gula merahnya dan jika gado-gado banyak di kacangnya. Rujak buah dan Gado-Gado yang disajikan bisa dengan bumbu terpisah, dicampur atau diuleg dan ada juga yang hanya disiramkan di atas buah atau sayuran tersebut.

Besarnya potongan buah yang digunakan untuk membuat rujak buah ini hampir sama dengan potongan buah untuk rujak buah lainnya. Bagi yang belum mencobanya, silahkan mencoba Rujak Tamsis yang biasanya mulai buka  jam 9.00 pagi sampai sore hari. (dkd)
×
Berita Terbaru Update