Notification

×

Tag Terpopuler

Pastikan Validasi Data, Kesos Gelar Rapat

Thursday, March 05, 2020 | Thursday, March 05, 2020 WIB Last Updated 2020-03-05T02:36:28Z
Kasi Kesos Kecamatan Suak Tapeh, Eny Yoseta SKM, Menghadiri Rapat verifikasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)  di Desa Air Sengeris
BANYUASIN, SP - Pemerintah Kecamatan Suak Tapeh melalui Kasi Kesos menggelar rapat koordinasi bersama pemerintah desa, melakukan verifikasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dengan turun langsung turun ke desa-desa di Kecamatan Suak Tapeh.

Rakor yang digelar di Desa Air Sengeris tersebut dihadiri kepala desa dan perangkat desa dilingkungan Pemdes setempat. Kegiatan yang dimulai pukul 9.00 WIB pagi tersebut secara langsung dibuka oleh kepala desa. 

Kasi Kesos Kecamatan Suak Tapeh, Eny Yoseta SKM, menjelaskan DTKS merupakan data yang digunakan sebagai sumber data utama dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial agar dapat dilaksanakan secara terarah, terpadu, dan berkelanjutan oleh pemerintah desa dan kecamatan.

Dikatakan, dulunya dikenal dengan istilah Basis Data Terpadu (BDT) dimana berdasarkan Permensos No 05 Tahun 2019 diganti menjadi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

Eny Yoseta, juga menjelaskan bahwa kriteria masyarakat penerima program perlindungan sosial dalam data DTKS tersebut antara lain untuk penerima Program Keluarga Harapan (PKH) yakni masyarakat yang berada dalam data sesuai kriteria. "Rapat ini sebagai acuan indikator mengurangi angka kemiskinan melalui Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang berubah menjadi paket Sembako," jelas dia.

Sebelumnya, Kecamatan Suak Tapeh khususnya telah menyalurkan paket sembako secara tunai atau langsung melalui E-Warung yang tersebar dibeberapa titik di desa yang ada.

"Berdasarkan kesepakatan dengan E-Warung, paket sembako yang digulirkan ke masyarakat yakni 7 kilo beras, 2 kilo telur, dan 1/4 kilo kacang hijau," tambah dia.

Sementara itu Pj Kepala Desa Air Sengeris, Herman Edi SH, berharap agar distribusi bantuan yang digulirkan dapat terdistribusi secara tepat sasaran. "Data ini untuk memastikan kebenaran dan ketepat sasaran penerima bantuan, semoga Rakor yang digelar hari ini (kemarin) mampu membantu warga kita yang membutuhkan," pungkas dia. (Adm)
×
Berita Terbaru Update