Belasan Orang Diminta Isolasi

Juru bicara satgas Covid-19 Dinkes Sumsel, Yusri
- Pernah Kontak PDP 37

PALEMBANG, SP - Belasan orang diminta untuk melakukan isolasi mandiri karena diduga pernah melakukan kontak dengan PDP 37 yang telah meninggal dunia, Kamis (16/4) kemarin.

Dari hasil penelusuran tim gugus tugas, dari keseluruhan orang yang ditelusuri, ada belasan tenaga medis telah melakukan kontak dengan pasien.

Juru bicara satgas Covid-19 Dinkes Sumsel, Yusri mengatakan, orang yang dilakukan tracking mereka yang telah melakukan kontak dengan pasien 37 sejak dirawat di rumah sakit.

Adapun orang yang dilakukan tracking mulai dari pihak keluarga, tenaga medis hingga pengunjung yang membesuk korban selama dirawat di RS.

"Ada puluhan yang di tracking, belasan diantaranya tenaga kesehatan. Mereka yang di tracking ini kita lakukan rapid test untuk mengecek apakah positif Covid-19," katanya, Jumat (17/4).

Ia menjelaskan, orang yang dilakukan tracking ini diminta untuk melakukan isolasi mandiri di rumah.

Tujuan dari penelusuran ini diakui Yusri guna mengetahui apakah ada yang terpapar corona dari pasien 37.

Sebab, kata dia, pasien 37 ini awalnya hanya mengalami sakit biasa, namun setelah didalami pasien mengalami sesak nafas dan setelah diperiksa ternyata positif Covid-19.

Pasien 37 ini kan sakit biasa awalnya. Jadi kita telusuri apakah tertular dari yang kontak atau tidak.

Hasil lab belum keluar, yang jelas untuk sementara orang yang kontak isolasi mandiri dulu," katanya.

Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Sumsel, dr. Zen Ahmad, menambahkan tracking dilakukan untuk orang-orang yang telah melakukan kontak dengan pasien 37.

Setelah dilakukan penelusuran selanjutnya puluhan orang ini dilakukan rapid test.

"Yang ditracking mulai dari tenaga kesehatan sampai semua yang pernah kontak dengan beliau selama di rawat.

Pasien 37 belum tau kena nya dari mana, karena pas diujung barulah kesehatan beliau memburuk dan setelah diperiksa ada Covid-19," katanya.(do)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.