Notification

×

Tag Terpopuler

Berbekal Lencana Palsu Pasar Cinde

Wednesday, April 15, 2020 | Wednesday, April 15, 2020 WIB Last Updated 2020-04-15T02:58:18Z
Polisi gadungan, Asmuni, Hadir saat pers rilis di Mapolsek Ilir Barat I Palembang (foto/do) 
- Polisi Gadungan Gasak Delapan Motor 

PALEMBANG, SP -  Aksi Asmuni  (43) yang mengaku sebagai perwira polisi berpangkat Ipda dan bertugas di Polda Sumsel akhirnya berakhir di jeruji besi.

Asmuni, warga Desa Sungsang IV Lorong Gelora Kecamatan Banyuasin II Banyuasin sengaja datang ke Palembang, untuk melakukan penipuan dengan berbekal lencana polisi sembari membawa kabur delapan motor warga Palembang.

Tanpa membawa kendaraan korbannyapun , Asmuni memakai modus akan menangkap orang. "Aku bilang kepada korban, kalau mau menangkap orang. Tetapi aku tidak bawa motor dan meminjam motor orang.Biar percaya, aku tunjukan lencana polisi yang aku pakai," ujar tersangka yang mengaku-ngaku sebagai anggota Buser ini saat diamankan di Polsek IB 1 Palembang, Selasa (14/4).

Terakhir kali, tersangka beraksi dengan menipu korban Sri Amintasri (29). Tersangka beraksi di Jalan Slamet Riady Lorong Ketapean Kelurahan 11 Ilir Kecamatan IT 3 Palembang.

Ia menemui korban dan mengungkapkan untuk meminjam motor. Korban yang tidak percaya, sempat tidak memberikan motor yang dipinjam tersangka.

Semua motor aku jual di Sungsang," kata tersangka. Ia mengaku bila terpikir untuk menipu dengan modus menyamar menjadi polisi gadungan berpangkat Ipda agar lebih mudah dan membuat orang percaya. Bila calon korbannya tidak percaya, ia langsung menunjukan lencana polisi yang dibelinya di pasar Cinde.

Kapolsek IB 1 Palembang Kompol Yenni Arianti didampingi Kanit Reskrim Iptu Sembiring menuturkan, tersangka ditangkap setelah pihaknya mendapatkan laporan dari korban bila ada orang yang mengaku polisi telah membawa kabur motor miliknya.

"Dari penyelidikan, ternyata tersangka ini polisi gadungan. Dengan memanfaatkan lencana polisi untuk perwira, tersangka ini berhasil membawa kabur delapan motor milik para korbannya. Semua motor di jual ke Sungsang," kata Yenni.

Tersangka yang diketahui berada di Sungsang, langsung dilakukan pengejaran. Tak jauh dari rumahnya di Desa Sungsang IV Lorong Gelora Kecamatan Banyuasin II Banyuasin tersangka akhirnya ditangkap.

"Kami masih melakukan pengembangan terhadap tersangka. Dari penangkapan tersangka, hanya satu motor yang kami amankan. Sedangkan motor lainnya sudah dijual tersangka,"  katanya. (do)
×
Berita Terbaru Update