Puluhan Wartawan di Muba Iku­ti Rapid Test


MUBA, SP - Sebanyak 61 orang wartawan dari media cetak dan elektronik yang bertugas di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) mengikuti Rapid Test yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin di Kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Muba, (16/4/2020).

Hadir dalam kesempatan itu, Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex, Kepala Dinas Kesehatan Muba dr Azmi Dairusmansyah Mars, Sekretaris Dinas Kesehatan Muba dr Arios, Kepala Dinas Kominfo Muba Heryandi Sinulingga AP, Kepala Kesbangpol Muba HM Soleh Naim.

Dalam kesempatan itu, Bupati Muba Dr H Dodi Reza mengatakan kegiatan ini pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melalui Dinas Kesehatan Muba telah berkali kali mengadakan secara mandiri peralatan rapid tes ini. "Kini giliran para wartawan setelah sebelumnya kita memprioritaskan para tenaga medis, OPD kemudian orang orang yang berada dalam kontak terdekat dan orang orang yang mempunyai peran rentan beresiko tinggi terhadap penularan dari virus Corona ini," jelasnya.

Lebih lanjut Dodi menjelaskan, profesi wartawan adalah salah satu profesi yang berisiko tinggi terhadap penyebaran dari virus kovid19 atau Virus Corona. "Kita harapkan wartawan bersama seluruh unsur masyarakat yang lain bisa menjadi salah satu elemen turun kelapangan guna percepatan penanganan Covid19 di Musi Banyuasin untuk memerangi wabah Covid19 ini. Rapid test ini screening awal dari para wartawan yang ada di Muba, Insya Allah akan ada beberapa gelombang karena masih ada wartawan yang saat ini sedang bertugas," imbuhnya.

Masih menurutnya, wartawan yang keseharianya selalu berhubungan dengan siapapun termasuk masyarakat, beresiko tinggi jika kesehatanya tidak terjaga. "Oleh karena itulah kita prioritas wartawan untuk mengikuti Rapid test yang diadakan secara mandiri yang pertama di Sumatera Selatan," pungkasnya.

Sementara, Ketua PWI Muba Herlin Koisasi SH saat dikonfirmasi mengucapkan terimakasih atas kepedulian pihak Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin kepada wartawan yang bertugas di Muba Khususnya.

Dirinya mengatakan, peran war­tawan di masa pandemi Covid-19 ini sangat vital untuk menged­ukasi warga agar tid­ak termakan berita hoaks dan​ memberikan berita yang fakta. Oleh karena itu menjaga keseh­atan sangatlah penti­ng bagi seorang wart­awan dalam menjalank­an tugasnya.

"Hari ini Pemkab Muba melalui petugas yang ditunjuk melakukan Ravid Test, bahkan Bupati Muba Dodi Reza turun langsung dan memantau proses Rapid tes ini. Alhamdulillah semua wartawan yang mengikuti Rapid Test dinyatakan negatif," pungkas Herlin Koisasi. (ch@)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.