UIN Launching Aplikasi VMeet

Rektor UIN Raden Fatah Palembang, Muhammad Sirozi. (foto/ist)
PALEMBANG, SP -  Dalam rangka untuk memaksimalkan pelayanan di tengah wabah virus Corona (Covid-19), Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang meluncurkan aplikasi Virtual Meeting (Vmeet). 

Aplikasi yang isa diakses melalui vmeet.radenfatah.ac.id tersebut resmi di lauching Rektor UIN Raden Farah Palembang, Muhammad Sirozi secara online, Rabu (15/4/2020). 

Menurut Sirozi,  sarana dan aplikasi information & communication technology (ICT) memainkan peran yang sangat penting dalam sistem layanan pendidikan di era milenial saat ini, terutama layanan pendidikan tinggi. 

“Karena itu kita dituntut untuk terus melakukan upgrade,  update, dan innovasi terhadap berbagai sarana dan aplikasi ICT yang kita miliki agar dapat meningkatkan efektifitas, efisiensi, dan mutu layanan akademik di institusi kita,” ungkapnya kepada sumsel Pers.

Dijelaskan mantan Ketua Dewan Pendidikan Sumsel ini, di tengah pandemic Covid-19 tuntutan tersebut semakin mendesak, karena keadaan mengharuskan untuk banyak melaksanakan kegiatan dan memberikan layanan akademik maupun non akademik secara virtual atau daring.

“Alhamdulillah, sudah hampir satu bulan aktifitas daring kita banyak terfasilitasi dengan aplikasi Zoom Meeting. Meskipun aplikasi ini cukup workable dan  reliable, pihak pustipd terus berikhtiar untuk memberikan fasilitasi ICT yang lebih baik agar kegiatan dan layanan daring di UIN Rafah semakin efektif, efisien, dan bermutu,” terangnya.

Sirozi mengatakan, aplikasi Vmeet tersebut merupakan hasil dari kerja keras tim kreatif PUSTIPD yang berhasil menemukan dan menguji coba aplikasi baru yang insya'allah lebih baik, yaitu Virtual Meeting, atau  VMeet.

“Insya Allah dengan aplikasi Vmeet kita akan dapat melaksanakan berbagai kegiatan akademik daring (virtual academic activities) secara lebih efektif,  efisien, dan bermutu, karena aplikasi ini memiliki sejumlah keunngulan,” tegasnya.

Dijelaskannya, ada lima keunggulan yang dimiliki aplikasi karya UIN Raden Fatah tersebut. Pertama, vmeet.radenfatah.ac.id adalah aplikasi milik sendiri yang dibangun dan diinstall di server UIN Raden Fatah sehingga lebih terpantau dan terjamin keamanannya.

“Kedua, aplikasi ini terintegrasi dengan aplikasi e-learning.radenfatah.ac.id sehingga memungkinkan dosen dan mahasiswa melakukan tatap muka secara virtual pada saat menggunakan aplikasi e-learning UIN Rafah,” terangnya.

Kelebihan ketiga, ungkap sirozi, jika terintegrasi dengan  aplikasi e-learning aplikasi Vmeet bisa diikuti maksimal 100 participant dengan unlimited connection time. Bahkan, jika digunakan langsung tanpa aplikasi e-learning, aplikasi vmeet.radenfatah.ac.id fully unlimited waktu dan jumlah participantnya.

“Keempat, dengan aplikasi Vmeet siapapun bisa jadi host atau mengcreate meeting, classroom, atau ujian,” ucapnya.

Untuk keunggulan yang kelima, tambah Sirozi, aplikasi vmeet.radenfatah.ac.id lebih menarik, fun, dan menggairahkan, karena aplikasi ini menyediakan vitur untuk share screen, share note, public dan private chat, dan fitur lain yang diperlukan.

“Dengan beberapa keunggulan tersebut saya yakin aplikasi Vmeet akan membuat kegiatan dan layanan akademik maupun non akademik di UIN Rafah semakin efektif, efisien, bermutu, semangat, dan bergairah,” tetgasnya. (Kar)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.