Ditengah Covid-19, Tim Puskesmas Lais Sidak Pasar


- Ditemukan Mie Basah  Berformalin

MUBA, SP – Kepala Dinas Kesehatan Musi Banyuasin (Muba) melalui UPTD Puskesmas Lais bersama tim terdiri dari Polsek, Puskesmas Lais, Pol PP dan pemerintah desa melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) disejumlah Kalangan dan pasar di Kecamatan Lais, salah satunya Kalangan Desa Lais, Rabu (13/5/2020).

Dalam kesempatan itu, UPTD Puskesmas Lais Leli Hefni SKM MKes saat dikonfirmasi mengatakan, Sidak ini merupakan kegiatan rutin setiap ramadhan (bulan puasa) menjelang Lebaran untuk memantau keamanan produk yang dijual dipasaran.

Selain itu juga, mengingatkan bagi warga dan pedagang untuk tetap mematuhi protokol kesehatan ditengah Pandemi Covid 19 yang mewabah dengan menggunakan masker dan menjaga jarak aman baik bagi pedagang maupun warga yang berbelanja.

"Kita mengambil sampel makanan yang dijual oleh para pedagang untuk diuji oleh tim UPTD Puskesmas Lais, seperti melakukan pengecekan dan pemeriksaan 15 sample makanan diantaranya bakso, tahu, cincau, mie basah, ikan laut, udang, cumi, cendol, dan sebagainya," jelas Leli Hefni.

Dari sekian banyak sample yang diperiksa ada mie basah yang diduga mengandung  formalin, dengan demikian pihaknya memberikan edukasi dan pembinaan.

Lebih lanjut Leli mengharapkan agar masyarakat harus lebih pintar memilih bahan – bahan dagangan yang akan dibeli sehingga aman untuk dikonsumsi, "Intinya harus pintar pilih makanan yang dibeli,” harapnya.

Sementara, Kepala Desa Lais Hasrullah SE sangat berterimakasih kepada pihak terkait yang telah turun ke Kalangan guna memastikan stok pangan yang dijual para pedagang aman. " Ya kita berterimakasih kepada tim, karena dengan demikian warga saya akan mengkonsumi bahan makanan yang lebih aman tidak mengandung zat yang berbahaya bagi kesehatan manusia," jelasnya.

Masalah mengatisipasi mewabahnya virus corona di Desa Lais, Hasrullah mengatakan telah berupaya mensosialisasikan kepada warganya termasuk membuat spanduk himbauan untuk mematuhi protokol kesehatan. (ch@)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.