Notification

×

Tag Terpopuler

Pedagang Pasar Kebon Semai Jalani Rapid Tes, Hasilnya 3 Orang Positif

Tuesday, May 26, 2020 | Tuesday, May 26, 2020 WIB Last Updated 2020-05-26T13:48:44Z
Pasar Kebon Semai Sekip Palembang 
PALEMBANG, SP - Sebanyak 34 pedagang di Pasar Kebon Semai Sekip Palembang menjalani rapid test.  Hasilnya 3 orang diantaranya dinyatakan positif.

Orang tersebut merupakan tukang urut yang kontak langsung dengan NY (53) pasien terduga Corona sebelumnya meninggal dunia, dan dua diantaranya kontak langsung dengan PDP di RS Hermina.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang dr Ayus Astoni, melalui Juru Bicara Dinkes Yudhi Setiawan mengatakan, mulai Selasa ini dilakukan rapid tes secara bertahap kepada 34 orang pedagang dan warga kemudian swab test 20 orang. Telah direncanakan sebelumnya untuk rapid test 30 orang per hari.

"Untuk hari ini setelah dilakukan rapid test hasilnya positif Covid-19 ada 3 orang, diantaranya 2 orang yang terjadwal rapid test kedua, kontak dengan PDP RS Hermina. Sementara 1 orang warga (bukan pedagang) yang kontak dengan kasus positif," katanya, Selasa (26/5/2020).

3 orang positif Covid-19 itu berdasarkan hasil pemeriksaan rapid test. Mereka yang dilakukan swab test adalah orang yang kontak langsung atau 1 rumah dengan kasus positif. "Untuk hasil swab tadi belum ada, karena sampel di kirim ke BBLK," katanya.

Rapid test dilakukan kepada pedagang terutama yang berada di sekitar pasien suspek Covid-19. Pemeriksaan dilakukan secara bertahap hingga Jumat mendatang. "Pemeriksaan hanya dilakukan kepada pedagang dan warga yang kontak langsung (dengan NY) yang diperiksa," katanya. 

Sementara itu, Direktur Utama PD Pasar Palembang Jaya, A Rizal mengatakan, diantara pedagang itu ada warga yakni tukang urut yang sebelumnya kontak langsung dengan NY.  "Hasilnya berdasarkan keterangan Gugus Tugas, indikasinya positif," katanya. (Ara)
×
Berita Terbaru Update