Pantau Kesiapan Pilkada Serentak di Daerah

(foto/net)
PALEMBANG, SP
– Demi memastikan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 20202 di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) berjalan lancar, Ketua Bawaslu Sumsel melakukan kunjungan kerja ketua ke Bawaslu Kabupaten Ogan Ilir.

Ketua Bawaslu Sumsel, Iin Irwanto mengatakan, kunjungan tersebut dilakukan untuk memastikan kesiapan pengawasan. Menurutnya, tahapan yang dimulai tidak boleh luput dari pengawasan agar berjalan sesuai dengan aturan. 

“Kita juga ingin memastikan kesiapan Bawaslu kabupaten dalam penerimaan laporan dan proses penanganannya. Laporan yang masuk harus ditindaklanjuti, baik itu laporan dugaan pelanggaran kode etik, pidana maupun administratif,” ungkapnya kepada Sumsel Pers, Kamis (18/6/20).

Menurutnya, peran Bawaslu baik ditingkat kabupaten sangat penting karena Bawaslu memiliki tugas dan tanggung jawab dalam menegakkan keadilan pemilu, setiap peserta dan pemilih harus mendapatkan keadilan dalam proses yang berjalan. 

“Kita juga meminta agar Bawaslu kabupaten dapat bekerja sama dengan stakeholder dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan pemilu, yaitu dengan cara menggalang pengawasan partisipatif agar masyarakat ikut mengawasi terhadap isu krusial dan tahapan yang rawan,” tegasnya. 

Dia mencontohkan, seperti adanya partisipasi masyarakat ikut serta menolak politik uang, politisasi SARA, ujaran kebencian, mengawasi netralitas ASN, mengawasi penghitungan dan rekapitulasi dan hal yang kerap dilanggar lainnya. (Kar)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.