Teluk Kijing 3 Ikuti Lomba PKK Tingkat Kabupaten

Tim TP Kabupaten Musi Banyuasin Pose Bersama Tim PKK Desa Teluk Kijing III Kecamatan Lais Kabupaten Muba Usai Acara Penilaian 10 Program Pokok PKK
- Perlu Dilakukan Pembenahan Administrasi

MUBA, SP - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Hj Thia Yufada Dodi Reza diwakili Wakil Ketua 2 TP PKK Muba Euis Sari Mulyani didampingi Sekretaris TP PKK Muba Halima Rusli dan Ketua TP PKK Kecamatan Lais Daya Murni melakukan penilaian 10 Program Pokok PKK tingkat Kabupaten Musi Banyuasin di Desa Teluk Kijing III Kecamatan Lais Kabupaten Muba yang dipusatkan di Kantor Desa Teluk Kijing III, Kamis (18/6/2020).

Dalam kesempatan itu juga, Euis Sari Mulyani dan Halima Rusli memberikan pembinaan dan pengarahan kepada Tim Penggerak PKK Desa Teluk Kijing III serta Ibu-ibu dari 7 Desa dalam Kecamatan Lais yang baru dilantik periode 2020-2026.

Saat dikonfirmasi, Ketua TP PKK Muba melalui Sekretaris TP PKK Kabupaten Muba Halima Rusli mengatakan, beberapa kecamatan yang telah dilakukan penilaian sebelumnya adalah Kecamatan Sungai Keruh, Kecamatan Jirak Jaya, Kecamatan Keluang, Kecamatan Batang Hari Leko, Kecamatan Babat Toman, dan kemarin (18/6/2020) penilaian dilanjutkan di Kecamatan Lais serta Kecamatan Babat Supat.

Menurutnya, penilaian lomba ini bukan untuk mencari-cari kekurangan bagi para peserta lomba, namun lebih kepada upaya untuk lebih meningkatkan kinerja PKK selaku mitra pemerintah Kecamatan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan  antar pengurus TP PKK pada semua jenjang.

Tujuan lain kegiatan ini menurutnya, juga untuk melihat secara dekat pelaksanaan 10 program pokok PKK di tingkat desa yang telah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya serta melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan program yang telah direncanakan dan dilaksanakan pada tahun berjalan.

"Terutama kondisi saat ini kita disarankan dirumah saja. Oleh karena itu diharapkan ibu-ibu dapat memanfaatkan waktu luang untuk menambah income (pendapatan) keluarga, dengan menanam tumbuh tumbuhan yang bermanfaat, membuat kreatifitas dalam bentuk kerajinan tangan dan lain sebagainya," jelasnya.

Lebih lanjut menurut Hj Halima, kegiatan ini juga bertujuan mengutamakan kegotong royongan antara ibu-ibu pengurus dengan masyarakat, sehingga tujuan PKK itu tidak semata-mata tempat berkumpul, namun dapat menunjang ekonomi keluarga. "Hampir semua perwakilan dari kecamatan sudah baik, namun masih perlu dilakukan pembenahan dari segi administrasi," pungkasnya.

Sementara, Ketua TP PKK Desa Teluk Kijing III Tri Indayani Yupanser saat dikonfirmasi mengatakan Desa Teluk Kijing III sebagai perwakilan Kecamatan Lais mempromosikan dengan berbagai macam kreatifitas ibu-ibu dalam desanya, salah satu yang dilombakan adalah sendal hias, makanan tradisional, kemplang berasal dari ikan ciri khas daerah Muba, serta hasil rempah-rempah.

"Mewakili Kecamatan Lais, kita berupaya dan optimis mendapatkan juara mewakili Kecamatan Lais, sekaligus mentargetkan mewakili Kabupaten Muba untuk tingkat Provinsi Sumatera Selatan," harap Istri Kepala Desa Teluk Kijing III ini menutup pembicaraan. (ch@)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.