Notification

×

Tag Terpopuler

Kejari Palembang Lelang Ferrari "Tak Bertuan"

Wednesday, July 15, 2020 | Wednesday, July 15, 2020 WIB Last Updated 2020-07-15T09:50:22Z
Supercar Ferrari Yang Bakal Dilelang Sebagai Barang Sitaan Negara (FT PADLI)
PALEMBANG, SP
- Kejaksaan Nageri Palembang bersama Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) bakal melelang mobil mewah Ferrari pada Kamis (16/7) hari ini. Supercar yang disita sebagai barang bukti perkara pidana M Hatta Ansori itu bakal dilelang dengan harga limitnya Rp 10,2 miliar.

Ditemui dikantor Kejari Palembang, Selasa (14/7) saat gelar barang sitaan sebagai barang bukti untuk dilelangkan, Kepala Kejari Palembang Asmadi menjelaskan jika supercar ini berasal dari barang bukti terpidana M Hatta Ansori yang sudah divonis penjara selama 3,5 tahun pada September 2019 lalu.  "Dirampas oleh negara, mobil ini sah milik negara," ujar Asmadi. 

Kepala KPKNL Ridho Wahyono membeberkan, untuk prosedur lelangnya yakni calon peserta diwajibkan membuka situs lelang KPKNL terlebih dahulu. Serta wajib juga membayar uang jaminan lelang sebesar Rp 5 miliar, sementara untuk limit lelangnya mencapai lebih dari Rp 10,2 miliar.

"Yang mau ikut juga Wajib melalui situs resmi kita, dan pemenang akan dikenakan biaya lelang, 3 persen dari harga terbentuk, bkb, harga limit," Jelasnya.

M Hatta Ansori sendiri merupakan salah satu staf perusahaan impor PT BBN (Bintika Bangun Nusa). Hatta memberikan laporan jenis/barang impor dalam pemberitahuan yang salah yang terdapat didalam dua buah kontainer yang berisikan puluhan ribu miras serta satu mobil mewah merk Ferarri sehingga mengakibatkan kerugian negara senilai lebih dari Rp 25,7 milliar. 

Setibanya di perairan Pusri Palembang, kapal tersebut dilakukan pemeriksaan sarana pengangkut laut (boetzoeking) oleh petugas Bea dan Cukai Kanwil Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Sumatera Bagian Timur.

Dari hasil boetzoeking tersebut diketahui jumlah barang impor yang tercantum dalam dokumen yang menunjukan posisi kontainer dan fisik muatan kapal sebanyak 109 tidak sesuai, ada dua kontainer yang tidak dilaporkan yakni berisi 1 unit mobil ferarri, 8400 botol minuman keras (miras) berbagai merk serta ribuan mainan anak. (fly)
×
Berita Terbaru Update