Pemdes Air Senggeris Bedah Dua RTLH

Tampak Seorang Tukang Sedang Mengerjakan Pembangunan Rumah Warga yang Mendapat Alokasi Dana Program Bedah Rumah
BANYUASIN, SP - Pemerintah Desa (Pemdes) Air Senggeris, Kecamatan Suak Tapeh, Kabupaten Banyuasin menggulirkan bantuan stimulan bedah rumah memanfaatkan anggaran dana desa (DD) tahun anggaran 2020. Setidaknya ada 2 unit rumah tidak layak huni  (RLTH) dibidik untuk dibedah.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Air Senggeris Herman Edi, SH mengatakan pihaknya tahun ini telah mengalokasikan bantuan stimulan bedah rumah tidak layak huni bagi warga tidak mampu. Pihaknya sudah mengalokasikan sebanyak 2 unit rumah dengan pagu sebesar Rp 17.500.000,00 per rumah. 

"Tahun ini kami sudah alokasikan bantuan stimulan bedah rumah bagi warga tidak mampu melalui anggaran Dana Desa (DD) tahun anggaran 2020. Untuk pagu anggaran keseluruhan sebesar Rp. 35.000.000,00" kata Pj. Kades Air Senggeris Herman Edi, SH, dikonfirmasi media ini, Minggu (30/08). 

Herman Edi mengatakan bantuan bedah rumah itu tersebar di dua dusun. Dimana, setiap dusun ada satu unit rumah warga yang diperbaiki "Sebelum digulirkan, kami mendata terlebih dahulu rumah yang akan dibantu. Adapun kriterianya, seperti rumah tidak layak huni, orang tidak mampu atau lansia," jelas dia. 

Menurut dia, bantuan stimulan bedah rumah itu merupakan program yang diberikan berupa barang bahan material. Sehingga, bantuan yang digulirkan benar-benar bermanfaat dan  pengerjaannya melalui padat karya," ujar dia.

Menurutnya program bedah rumah ini untuk mewujudkan rumah layak huni yang didukung dengan prasarana, sarana, dan utilitas umum. Sehingga menjadikan perumahan yang sehat, aman, serasi, dan teratur serta berkelanjutan.

Sementara Sekretaris Desa (Sekdes) Air Senggeris Juhar Candra menyebutkan bahwa rumah tidak layak huni yang di bedah saat ini yakni Rumah Usmayani yang berlokasi di RT 03 Dusun I dan Rumah Toni yang berlokasi di RT.06 Dusun II. "Dua rumah ini dibangun dengan semi permanen," ujar dia.

Dia mengatakan, bedah rumah tersebut sudah sesuai dengan amanat peruntukan dana desa (DD) yang sebagian untuk pemberdayaan dan pembangunan dalam hal infrastruktur.

"Namun program ini akan kita jalankan secara bertahap, Dana dari pusat ini merupakan stimulan agar masyarakat bisa memperbaiki rumahnya," jelas dia.

Disisi lain penerima bedah rumah Usmayani mengaku terharu dengan perhatian Pemdes Air Senggeris terhadap keluarganya."Atas nama keluarga saya ucapkan terimakasih banyak dengan Pemdes Air Senggeris yang telah memberikan perhatian kepada keluarga kami,"ujarnya. (Adm)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.