IAPI Sumsel Gelar Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Tingkat Dasar

PALEMBANG, SP - Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia (IAPI) Sumsel, membuka pelatihan dan ujian sertifikasi pengadaan barang dan jasa pemerintah tingkat dasar yang dilaksanakan di Hotel Swarna Dwipa, Jumat (27/11/2020).

Ujian sertifikasi itu diselenggarakan oleh DPD IAPI Sumsel dengan diiukti sebanyak 30 peserta dari masing-masing instansi pemerintah Dinas dan SKPD. Secara kegiatan pelatihan tersebut dibuka oleh Direktur Eksekutif DPP IAPI lr. Reflus,M.Si yang didampingi oleh Ketua DPD IAPI Sumsel Ir. HMS. Tazili Nawawi. MM.

Direktur Eksekutif DPP lAPl Pusat Ir. Reflus M.Si ketika dikonfir sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh DPD lAPl Sumsel yang telah melakukan pembinaan bagi insan pengadaan barang dan jasa di Daerah, khusus nya di wilayah Sumatera Selatan.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan DPD IAPI Sumsel, karena kembali melakukan pembinaan bagi insan pengadaan barang dan jasa di Sumsel," ujar Reflus.

Dikatakannya, pada tahun 2020 yang mana saat ini Pemerintah sangat terbatas dengan Anggaran. Namun, DPD lAPl Sumsel telah melaksanakan 6 angkatan pelatihan dan ujian sertifikasi.

"Dan untuk bulan Desember nanti akan melaksanakan 2 angkatan lagi, insya Allah terlaksana, karena peserta yang mendaftar cukup antusias. Mudah2an tema yang dipilih kali ini betul betul akan membantu Pemda Sumsel dalam menyiapkan personil pengadaan yang bersertifikasi," ujar Reflus.

Sementara Ketua DPD IAPI Sumsel Ir. HMS. Tazili Nawawi. MM menambahkan, pihaknya tahun 2020 ini menargetkan 12 pelatihan PBJ tingkat dasar dan 10 pelatihan okupasi.

"DPD lAPl Sumsel, tahun 2020 ini sebetulnya menargetkan 12 pelatihan sertifikasi PBJ tingkat dasar dan 10 pelatihan okupasi, namun terkendala Covid 19, saat ini hanya bisa berlangsung 6 angkatan yang sudah on going dan 2 angkatan lagi on schedule untuk bulan Desember" ujarnya,

Selain itu Tazili menyatakan, bahwa tugas layanan lAPl tidak terbatas pada pelatihan dan sertifikasi saja, namun juga melakukan mentoring atau pendampingan bagi lnstansi yang memrlukan, juga melaksanakan Procurement Coaching Clinic yang melayani setiap saat bila insan pengadaan membutuhkan.

"Selain itu juga IAPI Sumsel juga melayani penasihatan pemberian keterangan ahli dalam hal bila terjadi masalah hukum dalam pelaksanaan pengadaan," ujarnya.

Disamping itu Wakil Ketua satu Hendriansyah SKM. MM.MH menambahkan untuk tahun 2021 menyongsong era insan pengadaan yg sertified, lAPl Sumsel telah meluncurkan program tambahan yaitu pelatihan dan ujian kompetensi bagi insan pengadaan dalam meningkatkan status jabatan fungsional pengadaan.

 "Jadi kita tahun depan menambah progran pelatihan dan ujian kompetensi bagi jabatan fungsional Pengelola Pengadaan" tutupnya. (Ariel)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.