Notification

×

Tag Terpopuler

KPU PALI Musnahkan Surat Suara Rusak

Thursday, November 26, 2020 | Thursday, November 26, 2020 WIB Last Updated 2020-11-26T08:38:23Z


PALI SP -
Setelah melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara untuk Pilkada di Bumi Serepat Serasan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menemukan 4.147 lembar surat suara yang rusak.

Untuk hindari penyalahgunaan terhadap surat suara yang  rusak itu, KPU PALI melakukan pemusnahan Kamis (26/11) di halaman gudang logistik KPU di Jalan Merdeka KM 9 Kelurahan Handayani Mulya. 

Pemusnahan surat suara rusak dengan cara dibakar itu disaksikan Ketua Bawaslu PALI Heru Muharam, Wakapolres PALI  serta perwakilan dari Kejari PALI. 

Ketua KPU PALI, Sunario SE mengatakan, surat suara yang rusak sudah disampaikan ke pihak percetakan, dan pihak percetakan akan menerbitkan ulang surat suara sesuai jumlah surat suara yang rusak. 

"Surat suara pengganti yang rusak akan kita jemput dan direncanakan pada hari Minggu 30 November 2020 sudah sampai ke PALI. Pengambilan surat suara di percetakan akan dikawal Bawaslu PALI," katanya. 

Sementara itu, Ketua Bawaslu PALI Heru Muharam mengatakan pihaknya akan mengawal penjemputan surat suara pengganti ke pihak percetakan.

"Surat suara yang rusak cukup banyak, dan kita akan kawal langsung agar surat suara pengganti benar-benar sesuai dengan standar. Ada beberapa kategori rusak, diantaranya gambar pecah-pecah dan ada yang kabur bahkan nyaris tidak ada gambarnya. Kami akan lihat langsung pencetakan, pemotongan kertas sampai ke pengepakan agar surat suara tidak ada lagi yang rusak karena waktu pemilihan sudah dekat," tandas Heru Muharam. (sn) 


×
Berita Terbaru Update