Notification

×

Tag Terpopuler

Perpustakaan MAN 2 Lubuklinggau Terakreditasi “A”

Friday, November 27, 2020 | Friday, November 27, 2020 WIB Last Updated 2020-11-27T13:16:11Z
Kepala MAN 2 Lubuklinggau, Saipul Basin 

LUBUKLINGGAU,SP- Setelah proses penilaian akreditasi pada 9 September 2020 oleh Asesor Andri Wijayanto, S.Sos. Senin (23/11), perpustakaan MAN 2 Lubuklinggau dinyatakan terakreditasi dengan predikat “A”. 

Hal ini disampaikan  Kepala MAN 2 Lubuklinggau, Saipul Basin melalui Kepala Perpustakaan Hj Samsuarni. 

Hj Samsuarni mengatakan kabar bahagia itu diinfokan disampaikan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Lubuklinggau pada Senin (23/11/2020) lalu. 

Pihak perpustakaan Kota Lubuklinggau pun langsung menyerahkan Sertifikat Akreditasi Perpustakaan MAN 2 Lubuklinggau yang terakreditasi dengan predikat A.

“Alhamdulillah kami sangat bersyukur sekali dengan hasilnya. Terima kasih kepada Kepala Madrasah dan seluruh rekan guru dan staf MAN 2 yang telah mensupport proses akreditasi perpustakaan, baik dalam bentuk materil maupun moril kepada tim,"jelasnya, kemarin.

Ia menambahkan untuk penilaian akreditasi ini sendiri dilaksanakan secara online, dimana pihaknya melengkapi enam kompenen yang dinilai yakni koleksi, sarana prasarana, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, penyelenggaraan pengelolaan dan kompenen penguat.

Lanjut ia, pada kompenen penguat, Perpustakaan diharuskan memiliki keunikan, kreativitas dan inovasi dari perpustakaan. Dan dalam hal ini, perpustakaan MAN 2 membuat klasifikasi koleksi buku agar mudah ditemukan dan dicari. Seperti penggunaan label pada buku yang klasifikasikan sesuai warna dan kode tersendiri.

“Jadi kalau anak ingin meminjam ataupun mengembalikan buku, akan memudahkan siswa siswi," ungkapnya.

Selain itu, pihak perpustakaan MAN 2 Lubuklinggau juga melakukan promosi kepada siswa siswi, dengan melaksanakan sosialisasi ke kelas-kelas dan memasang pengumuman mengenai buku baru di papan pengumuman, serta menggelar kegiatan lomba-lomba, seperti lomba puisi, resensi buku dan bimbingan literasi lainnya.

Saat ini Perpustakaan MAN 2 Lubuklinggau memiliki 2610 judul buku dengan 25.260 eksemplar dan ada juga koleksi non buku sebanyak 312 judul dengan 2974 eksemplar.

Hj Samsuarni berharap setelah masuk sekolah kembali, anak-anak MAN 2 lebih rajin lagi ke perpustakaan, karena di Perpustakaan MAN 2 sudah memiliki fasilitas lengkap, seperti Wifi untuk akses internet, buku digital, buku dalam bentuk fisik, mengakses secara online juga bisa, dan memiliki tempat yang nyaman. (Galsa s)

×
Berita Terbaru Update