Usia 18 Tahun ke Atas Diberi Vaksin


-Mulai 2021 Vaksinasi Covid-19 di Kota Palembang 

PALEMBANG, SP -  Tahun 2021 Pemerintah Kota Palembang, mulai memberikan vaksinasi Covid-19. Vaksinasi sendiri rencanakan akan diberikan untuk warga yang mulai berusia 18 tahun. 

Pemberian vaksinasi ini sendiri sebagai upaya menangani Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kota Palembang. Tapi untuk mendapatkan vaksin ini, masyarakat mampu harus bayar.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang, dr Fauziah mengatakan, vaksin Covid-19 sendiri saat ini masih dalam proses persiapan. 

Tetapi dipastikan akan diambil dari 40 kandidat vaksin Covid-19 diantaranya asal Indonesia Vaksin Merah Putih dan uji cobanya melibatkan Bio Farma.

"Vaksin akan diberikan sesuai dengan jumlah ketersediaan dari pusat, kita belum tahu berapa banyak Palembang akan dapat," katanya, usai Sosialisasi Rapat Koordinasi Vaksin Covid-19 dengan Sekretaris Presiden melalui Video Conference, Senin (30/11/2020).

Dalam pemberian vaksin ini ada dua skema pembayaran, dibiayai pemerintah dan mandiri. Untuk penerima prioritas vaksin ini merupakan tenaga kesehatan, TNI/ Polri, Perserta Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan dan orang-orang yang kontak erat penyintas Covid-19.

"Untuk bayar secara mandiri diutamakan masyarakat yang mampu," ujarnya.

Dijelaskannya, bahwa untuk skema pembiayaan pemerintah ini juga masih dibahas di pusat, pemerintah pusat koordinasi kemenkeu. Dari sana nanti diputuskan apakah Pembiayaan tercover pusat atau tidak, kalau dari pusat ke daerah ada perbantuan.

Sedangkan untuk yang vaksin mandiri, diserahkan tugas pengelolaan kepada kementrian BUMN. KemenBUMN tanggung jawab mendistribusikan vaksin mandiri.

"Pemberian vaksin akan dilakukan di tempat layanan kesehatan pemerintah untuk yang gratis, dan untuk mandiri di tempat fasilitas kesehatan swasta," katanya.

Pendataan yang akan mendapatkan vaksin prioritas masih didata sampai Desember ini. Untuk Tenaga Kesehatan Palembang saja ada ribuan. Data akan diserahkan kepada Kemenkes. 

"Jika melihat jenis vaksin yang diberikan sejauh ini dalam bentuk cairan suntik," katanya.

Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, pihaknya saat ini sampai Desember akan melakukan pendataan dan sosialisasi. 

"Kita sedang menunggu teknis pemberian vaksin ini, vaksin akan diberikan untuk yang berusia 18-59 tahun," katanya. (Ara).

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.