Lebak Lebung Desa TK 1 dan TK 2 Dilelang

Suasana Lelang Lebak Lebung di Desa Teluk Kijing 1 dan II

MUBA, SP -
Sebanyak 8 objek lebak lebung yang berada di Desa Teluk Kijing I dan Desa Teluk Kijing 2 Kecamatan Lais kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dilelang secara terbuka, Selasa (15/12/2020) dengan nilai jual objek lelang bervariasi.

Kepala Desa Teluk Kijing I Indra Gunawan saat dikonfirmasi mengatakan, lelang yang dilakukan secara terbuka tersebut berjalan lancar. "Dari 36 objek lelang yang ada, terjual sebanyak 8 objek lelang," Jelas Indra, Kepala Desa Teluk Kijing 1 bersama Margaretha Kepala Desa Teluk Kijing 2 saat dikonfirmasi wartawan koran ini.

Selain itu, mereka berpesan agar pengemin atau pemenang lelang harus turut aturan yang sudah ditetapkan, diantaranya tidak melakukan pengrusakan seperti melakukan penangkapan ikan dengan cara di putas atau di sterum.

Sementara, Camat Lais Demoon Hardian Eka Suza SSTP MSi mengatakan, lelang lebak lebung adalah kegiatan rutinitas setiap tahun bagi desa yang memiliki lebak lebung.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, lelang ini dilaksanakan sesuai dengan Keputusan Bupati Musi Banyuasin Nomor 613/ KPTS-DPMD/2020 tanggal 2 Desember 2020 tentang Pengawasan dan Pelaksanaan Lelang Lebak Lebung dan Sungai Dalam Kabupaten Musi Banyuasin Tahun 2020.

Hasil lelang tersebut disetor ke kas Pemkab Muba dengan rincian pembagian dikembalikan ke desa/kelurahan sebesar 70% sedangkan 30% masuk ke kas pemerintah daerah yang merupakan sumbangan desa untuk pendapatan asli daerah.

Selain itu, dirinya mengharapkan agar pengemin juga dapat menjaga kebersihan perairan lebak lebung dan sungai serta menjamin kelancaran lalu lintas perairan atas sungai yang dilelang dan melaporkan hasil dan kegiatan dari pengolahan sungai secara berkala kepada dinas terkait.

Terpisah, Juanda Kepala Desa Tanjung Agung Timur saat ditemui wartawan Sumselpers mengatakan, lelang berikutnya akan dilakukan di Desa Tanjung Agung Timur dan Desa Tanjung Agung Barat. "Besok giliran desa kita akan melaksanakan lelang Lebak lebung," Pungkasnya. (ch@)


Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.