Besok Lansia Divaksin Massal di JSC

Ilustrasi foto:dok.sp

Palembang, SPMengingat pentingnya vaksinasi dalam menghadapi pandemi Covid-19, maka vaksin secara massal khusus lansia dan petugas publik diselenggarakan Pemerintah Kota Palembang bersama pihak ketiga di Jakabaring Sport City (JSC) mulai 29-31 Maret.


Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang dr Fauziah mengatakan, pemerintah sudah berkoordinasi dengan kader dan RT untuk mengumpulkan lansia yang akan divaksin. Kemudian pihaknya menentukan satu tempat yang dapat dikunjungi lansia untuk divaksin.


"Vaksinasi ini sengaja dihimpun di satu lokasi karena 1 vial untuk 10 orang dan ketahanan vaksin setelah dibuka harus digunakan dalam 6 jam, jika tidak habis harus dibuang," katanya. 


Ia mengatakan, 29-31 Maret ini Pemkot Palembang, Grab dan Pemprov Sumsel akan melaksanakan vaksinasi massal di JSC dengan sasaran 4.500 orang. "Diharapkan bagi lansia yang belum divaksin untuk datang, nantinya akan ada pemeriksaan kesehatan terlebih dulu," katanya.


Selain di JSC, 29 dan 30 Maret ada juga vaksinasi untuk pemuka agama di RS Charitas sebanyak 150 orang dan untuk vaksinasi pemuka agama juga di RS Myria 150 orang. Selain itu, 30 dan 31 Maret vaksinasi untuk Dinas Pariwisata di RS Musi Medika Cendikia (MMC).


Saat ini, sedang berlangsung juga vaksinasi khusus Calon Jemaah Haji (CJH) lansia yang menjadi salah satu syarat dari Arab Saudi untuk keberangkatan haji. 


Pemerintah Kota Palembang pun menyiapkan sembilan puskesmas yang melayani CJH lansia. Yakni Puskesmas Merdeka, Sukarame, Pembina, Kertapati, Sematang Borang, Dempo, Basuki Rahmat, Kampus dan Kenten. Jemaah hanya harus membawa bukti pelunasan haji dan KTP. 


"Dengan vaksin ini diharapkan tubuh kita bisa terhindar dari Virus Corona dan diharapkan tetap menjaga jarak dan menjauhi kerumunan, juga sellau menggunakan masker," katanya. (Ara).

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.