Lansia Antusias Divaksin Covid-19, Sekda Pastikan Kenyamanannya

Palembang, SP - Vaksinasi Covid-19 untuk lanjut usia (Lansia) sudah dilakukan sejak 1 Maret lalu. Para lansia bisa mendatangi puskesmas terdekat dengan tempat tinggalnya. Saat ini setidaknya sudah 997 orang yang divaksin untuk dosis pertama. 

Salah satunya di Puskesmas Dempo, Kecamatan Ilir Timur 1, para lansia ini sangat antusias datang untuk divaksin. Setelah didaftarkan oleh lurah, RT/RW, para lansia datang ke puskesmas untuk divaksin.

Salah satunya Lina (69) mengatakan, dengan syarat hanya membawa KTP dan nomor telpon yang aktif, vaksin Covid-19 bisa dilakukan. Setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan, suntik vaksin baru dilakukan.

"Saya secara sukarela saja, tidak ada rasa takut, dengan divaksin ini diharapkan tidak tertular Virus Corona," katanya. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Ratu Dewa mengatakan, target 181 ribu lansia di Kota Palembang yang harus divaksin. Sejak Senin lalu yang sudah divaksin ada 997 orang. Diharapkan Lurah juga RT/RW mendata lansia untuk divaksin.

"Setelah mendapat informasi membludaknya lansia yang akan divaksin, kami tinjau dan pastikan pelayanan baik dan petugas proaktif, harus lebih sabar karena lansia lebih sensitif," katanya.

Puskesmas Dempo buka mulai pukul 07.30. Lansia yang belum mendaftar di Kemenkes, bisa langsung datang dengan membawa KTP dan no telpon saja. "Di sekitar Dempo ini ada 8 Kelurahan, lansia yang tinggal di sekitar sini bisa datang langsung," katanya.

Perwakilan Puskesmas Dempo, Drg Novi Artati mengatakan, setiap hari sasarannya 40-60 orang perhari. Vaksinator dibagi menjadi dua tim sebanyak 20 orang. Syaratnya harus memnuhi kreteria diantaranya lansia yang memiliki penyakit Diabetes harus terkendali, tekanan darah di bawah 180/110. 

"Setelah 28 hari baru penyuntikan dosis kedua," katanya. (Ara).

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.