Kiprah PIK - REMAJA dI Kampung Keluarga Berkualitas

PALEMBANG, SP - Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-Remaja) adalah suatu wadah kegiatan program PKBR yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja serta kegiatan-kegiatan penunjang lainnya.

Tujuan umum dari PIK Remaja adalah untuk memberikan informasi PKBR, Pendewasaan Usia Perkawianan, Keterampilan Hidup (Life Skills), pelayanan konseling dan rujukan PKBR.

Disamping itu, juga dikembangkan kegiatan-kegiatan lain yang khas dan sesuai minat dan kebutuhan remaja untuk mencapai tegar remaja dalam rangka tegar keluarga guna mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera.

Ruang lingkup PIK Remaja meliputi aspek-aspek kegiatan pemberian informasi KRR, Pendewasaan Usia Perkawinan, Keterampilan Hidup (Life Skills), pelayanan konseling, rujukan, pengembangan jaringan dan dukungan, serta kegiatan-kegiatan pendukung lainnya sesuai dengan ciri dan minat remaja. PIK Remaja tidak mengikuti tingkatan wilayah administrasi seperti tingkat desa, tingkat kecamatan, tingkat kabupaten/ kota atau provinsi. Artinya PIK Remaja dapat melayani remaja lainnya yang berada di luar lokasi wilayah administrasinya. Dalam penyebutannya bisa dikaitkan dengan tempat dan institusi pembinanya seperti PIK Remaja Sekolah, PIK Remaja Masjid, PIK remaja Pesantren, dan lain-lain.

Pengelola PIK Remaja adalah pemuda/ remaja yang punya komitmen dan mengelola langsung PIK Remaja serta telah mengikuti pelatihan dengan mempergunakan modul dan kurikulum standard yang telah disusun oleh BKKBN atau yang sejenis. Pengelola PIK Remaja terdiri dari Ketua, Bidang Administrasi, Bidang Program dan Kegiatan, Pendidik Sebaya, dan Konselor Sebaya. 

Sasaran adalah remaja. Proses pelaksanaan kegiatan pengurus menyampaikan kepada seluruh remaja untuk berkumpul dan berkonsultasi terhadap seluruh permasalahan remaja dan pendidik dan konselur sebaya akan memberikan penyuluhan dan konseling,PIK - Remaja di Kampung Berkwalitas Layang Layang melakukan berbagai macam kegiatan seperti halnya melakukan pembelajaran public speaking dan catwalk, ikut mengembangkan wirausaha remaja dalam mengelola produksi rumahan di kampung keluarga berkwalitas serta mengikuti seminar seminar tentang alat kontrasepsi , memberikan alkon kepada akseptor akseptor warga 29 ilir yang menggunakan Pil dan Kondom serta mengajak para lansia selalu mengecek kesehatan, 

"tentunya semua ini tidak lepas dari binaan Dinas Pengendalian Penduduk dan keluarga berencana Kota Palembang serta pengawasan dari Penyuluh KB setempat", ujar, Edwin Effendi, Kepala Dinas PPKB Kota Palembang.(adv/my)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.