Layanan Serentak Sejuta Akseptor Dipusatkan di Kelurahan Alang alang Lebar

PALEMBANG,SP - Pelaksanaan pelayanan serentak sejuta akseptor di Kota palembang dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional, (Harganas) ke 28 tahun 2021 dipusatkan di Klinik Bidan Mandiri Lismarini di Kelurahan Talang Kelapa Kecamatan Alang Alang Lebar, Kamis, (24/06). Dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kota Palembang, Hj. Selviana Harnojoyo beserta pengurus  dan Ketua Persit Kartika Candra Kirana serta Pengurus Ikatan Bidan Kota Palembang, Camat Alang Alang Lebar beserta jajarannya serta masyarakat yang akan mengikuti pelayanan.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, KB Kota Palembang, Drs.Edwin Effendi,M.Si, mengatakan, program keluarga berencana harus mendapatkan perhatian khusus dalam rangka pembangunan nasional yang berkelanjutan seperti yang  diamanatkan UU Nomor 52 Tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga. 

Saat ini, karena masih dalam kondisi pandemi covid-19, maka pemerintah melalui Kepala BKKBN berinisiatif untuk melakukan pelayanan KB serentak sejuta akseptor yang dilakukan serentak diseluruh Indonesia, 

"kita berharap dengan kegiatan ini target dan sasaran strategis dapat diwujudkan dengan mempertimbangkan pendekatan budaya kearifan local dan tetap memperhatikan protocol kesehatan." Kata Edwin, disela-sela kegiatan, Kamis, (24/06).

Pemerintah Kota Palembang  telah menindaklanjuti program tersebut dengan memberikan Pelayanan KB secara serentak pada (29/06/2021), berupa, pelayanan IUD, Implan, Suntik dan Kondom, Pil, Metode Operasi Pria (MOP) dan Metode Operasi Wanita (MOW), melalui, puskesmas, praktek bidan mandiri, klinik kesehatan di 18 kecamatan se-Kota Palembang.

“Melalui pelayanan KB serentak ini, masyarakat terus diingatkan akan pentingnya penggunaan alat kontrasepsi dimasa Pandemi Covid-19, dalam rangka mengantisipasi terjadinya kehamilan diluar program KB,” ujarnya.

Pihaknya, terus menjadikan pelayanan ini sebagai bagian program pelayananan  masyarakat."Terima kasih Kepada Ikatan Bidan Kota Palembang serta Kodim 0418 Kota Palembang  yang turut serta dalam kegiatan ini sehingga bisa tercapainya hasil yang maksimal dalam pelaksanaan kegiatan pelayanan KB serentak Sejuta Akseptor,” tambahnya.

Dalam sambutannya Ketua Tim Penggerak PKK Kota Palembang ibu Hj. Selviana Harnojoyo, mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat membantu masyarakat karena melayani masyarakat secara langsung, dalam arti bisa hadir di tengah-tengah masyarakat. Oleh karena itu gerakan 

“Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor” yang diselenggarakan saat ini menjadi bagian dari bentuk peringatan atau rangkaian perayaan Hari Keluarga Nasional yang dilaksanakan dengan lebih dekat kepada masyarakat.

Pelayanan ini juga melaksanakan pelayanan Modus Operasi Pria (MOP) Vasektomi dan Modus Operasi Wanita (MOW)/ Tubektomi yang juga dilaksanakan di Rumah Sakit Ibu dan Anak Rika Amelia. Pelayanan KB sejuta akseptor dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia ini juga merupakan upaya DPPKB untuk menghadapi implikasi dari kondisi pandemi COVID-19, yakni terjadi pengurangan kunjungan masyarakat kepada fasilitas kesehatan. Fenomena ini tentunya berakibat pada penurunan jumlah peserta KB aktif maupun peserta KB baru yang ingin mendapatkan pelayanan keluarga berencana melalui fasilitas kesehatan.Pelayanan ini tetap memperhatikan kualitas pelayanan, kondisi zona wilayah dan protokol pelayanan pada masa Pandemi Covid-19.
 
Dalam pengarahannya Ketua Tim Penggerak PKK Kota Palembang menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Palembang khususnya masyarakat Kecamatan Alang Alang lebar untuk ikut Vaksin  covid -19 untuk meminimalisasi penularan infeksi covid-19.

"Vaksin ini mampu mencegah munculnya gejala yang parah pada orang yang terinfeksi dan vaksin ini diharapkan bisa  memberikan kekebalan dalam tubuh", ungkapnya. 
Ketua Tim Penggerak PKK Kota Palembang mengakhiri dengan melaksanakan peninjauan kepada akseptor yang melaksanakan pemasangan alat kontrasepsi.(adv/my)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.