Dimasa Pandemic, Ciptakan Strategi Baru Agar Tetap Eksis

Owner Serimbun Daun, Grevina Vionora Anggraini.

PAGARALAM, SP - Dimasa pandemic covid-19 seperti saat ini sangat berdampak diseluruh bidang ekonomi, khususnya para pengusaha. Akan tetapi hal ini tidak membuat Owner Serimbun Daun, Grevina Vionora Anggraini menyerah yang bergerak dibidang usaha tanaman hias.

Dimasa pandemi sekarang ini, mengharuskan kita mengubah kebiasaan dalam menjalankan usaha, terutama dalam pembelian secara langsung dikarenakan anjuran pemerintah tentang PPKM, 

"Jadi serimbun daun menguatkan sistem pemasaran lewat media sosial karena dengan media itu kami masih bisa melakukan penjualan dimasa pandemi ini dengan tetap menjaga kualitas tanaman dan kepercayaan terhadap pembeli,"tutur wanita yang akrab disapa Nora, kemarin.

Nora juga menjelaskan, untuk menarik pembeli terkadang kami melakukan promo dan penjualan secara live di sosial media yaitu Facebook dan Instagram.

"Sebenarnya kalau hanya mengandalkan usaha bunga ini saja dimasa pandemi, mungkin sudah lama tumbang, tetapi karena kita punya usaha lain selain bunga, jadi usaha bunga masih bisa bertahan sampai sekarang,"katanya.

Disinggung mengenai mengapa bertahan pada usahanya, Nora mengakatan alasannya masih bertahan karena saya membangun usaha ini berawal dari hobi tanaman, jadi tetap saya rawat dengan baik walaupun ada atau tidak ada pembeli,"kata Nora.

"Kemudian inilah arti mental bisnis sebagai pedagang, apabila mental bisnisnya sudah terbentuk, maka usaha yang sudah dijalankan pasti akan bertahan walaupun dalam kondisi apapun. Disinilah kita bisa melihat seni dari usaha yang kita jalani, kadang ramai kadang juga sepi seperti sekarang ini. Intinya usaha apapun itu, semuanya bagus dan mempunyai peluang yang besar dengan syarat harus tekun, fokus dan mempunyai semangat yang tinggi,"bebernya.

Semoga pandemi ini cepat berakhir, dan walaupun dalam kurun waktu yang tidak bisa ditentukan semoga kita semua bisa beradaptasi dengan kebiasaan baru seperti sekarang ini, "supaya bisa lebih baik lagi di new normal yang akan datang,"harapnya.(Rep)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.